Cara Menghilangkan Jamur Kuku

KITAMUDAMEDIA – Seperti diketahui bahwa kuku merupakan salah satu bagian tubuh terluar yang sering mengalami kontak dengan berbagai macam benda. Bahkan, kuku rentan terkena berbagai macam kotoran, bakteri, hingga jamur yang bisa mengganggu kesehatannya. Dengan begitu, kebersihan kuku perlu dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai macam risiko infeksi pada kuku.

Salah satu gangguan infeksi kuku yang perlu diwaspadai adalah jamur kuku kaki. Sesuai dengan namanya, jamur kuku kaki atau onikomkosis merupakan gangguan infeksi jamur yang terjadi pada kuku.

Biasanya gangguan ini ditandai dengan terjadinya peradangan, penebalan, pembengkakan, menguning, dan rasa nyeri yang terjadi pada kuku kaki. Selain itu, penderita juga bisa mengalami gejala kuku kaki yang mudah patah.

Infeksi jamur kuku adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan munculnya bercak putih atau kekuningan di bagian bawah dan ujung kuku.

Penyakit ini bisa terjadi di kuku kaki maupun tangan. Tapi, umumnya muncul di kuku kaki. Infeksi jamur kuku yang tidak ditangani dapat membuat kuku berubah warna, mengalami penebalan, sampai rapuh.

Berikut kami rangkum beberapa cara mengatasi jamur kuku yang bisa Anda lakukan.

1. Minum obat jamur kuku Obat antijamur kuku jenis oral atau yang diminum biasanya diresepkan dokter sebagai pengobatan awal untuk menghilangkan jamur kuku. Obat ini merangsang pertumbuhan kuku baru yang sehat dan secara perlahan menggantikan kuku yang terinfeksi jamur.

2. Oleskan cat kuku atau krim obat jamur kuku Selain obat jamur yang diminum, cara menghilangkan jamur kuku juga dapat menggunakan cat kuku khusus atau krim obat jamur kuku.

Cat kuku antijamur digunakan selama dua minggu sampai satu tahun. Cara penggunaannya cukup praktis. Anda tinggal mengoleskan cat kuku antijamur ke bagian kuku yang terinfeksi sekali sehari.

Baca Juga  8 Makanan yang Harus Dihindari Demi Imun Tubuh yang Kuat

Sedangkan krim obat jamur kuku digunakan untuk menipiskan bagian kuku yang menebal. Perawatan ini juga cukup lama, bisa sampai satu tahun. Krim Krim obat jamur kuku digunakan untuk melunakkan bagian kuku yang mengeras. Setelah melunak, permukaan kuku tinggal dikikir.

3. Perawatan laser atau operasi Apabila penyakit tak kunjung sembuh setelah diberi beragam obat jamur kuku, penderita biasanya direkomendasikan perawatan laser atau operasi. Perawatan laser bertujuan untuk membasmi jamur yang tumbuh di kuku. Sayangnya, jenis perawatan ini relatif mahal.

4. Gunakan obat jamur kuku alami Melansir Healthline, terdapat beberapa obat jamur kuku alami untuk mengatasi infeksi jamur kuku yang ringan. Anda bisa menjajal beragam cara mengobati jamur kuku secara alami dengan mengoleskan minyak tea tree, minyak oregano, cuka, bawang, atau obat kumur.

5. Ubah pola makan Cara menghilangkan jamur kuku secara alami yak tak boleh dilewatkan lainnya yakni mengubah pola makan. Pola makan yang tepat dapat menghambat pertumbuhan jamur tak sehat biang beragam penyakit. (Redaksi)

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply