5 Daftar Sungai Terpanjang di ASIA

KITAMUDAMEDIA – Sungai merupakan salah satu objek alam yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, baik bagi manusia, flora, maupun fauna. Di berbagai negara, sungai menjadi sumber aktivitas pengairan sawah hingga sumber air kebutuhan rumah tangga. Pada dasarnya, sungai dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber airnya, seperti sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.

Selain itu, sungai juga merupakan rumah bagi beberapa satwa liar yang paling beragam dan terancam punah di Bumi. Habitat yang unik ini pun memungkinkan berbagai tumbuhan untuk tumbuh. Dari perspektif yang lebih ekologis, sungai membawa air dan nutrisi yang kemudian dialirkan ke permukaan. Mengingat fungsi-fungsi tersebut, sungai merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Dilansir dari World Atlas, berikut Berikut 5 sungai terpanjang yang ada terpanjang di Asia.

  1. Sungai Yangtze
    Yangtze adalah sungai terpanjang di Asia dan terpanjang ketiga di dunia, dengan panjang 6.300 km. Sungai ini dimulai di Dataran Tinggi Tibet. Ia mengalir melalui 11 provinsi untuk sampai ke Laut Cina Timur. Bahkan, Sungai Yangtze juga menjadi perbatasan beberapa provinsi tersebut. Sebagian besar bagian Sungai Yangtze sulit dilihat karena lebih dari 75% mengalir melalui pegunungan.
  2. Sungai Kuning
    Sungai Kuning yang juga disebut Huang He, merupakan salah satu sungai terpanjang di Asia yang berada di Tiongkok. Panjang sungai ini mencapai 5.464 km dan dimulai di provinsi Qinghai. Dari sana, Sungai Kuning melintasi enam provinsi lain serta dua daerah otonom untuk sampai ke Teluk Chihli, juga disebut Bo Hai, yang merupakan teluk Laut Kuning, yang merupakan bagian dari samudra Pasifik Utara.
  3. Sungai Mekong Sungai Mekong melintasi banyak perbatasan, dari Cina tenggara melalui Tibet dan provinsi Yunnan ke Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, hingga akhirnya ke Vietnam dan mengalir ke Laut Cina Selatan. Sungai ini merupakan bagian dari perbatasan antara Myanmar dan Laos, dan Laos dan Thailand. Mekong adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang 4.909 km.
  4. Sungai Irtysh
    Sungai terpanjang di Asia yang berikutnya adalah Sungai Irtysh. Sungai ini berasal dari gletser di Pegunungan Altai di provinsi Xinjiang di Cina, tepat di perbatasan dengan Mongolia, sebelum melewati ke barat melintasi sudut utara wilayah Cina dan melalui Kazakhstan. Aliran air Sungai Irtysh menyeberang ke Rusia sebelum akhirnya sampai ke Sungai Ob di Siberia barat. Sebagai salah satu sungai terpanjang, panjang Sungai Irtysh mencapai 4.248 km.
  5. Sungai Brahmaputra
    Sungai Brahmaputra merupakan salah satu sungai terpanjang di Asia yang melintasi negara-negara Cina, India, dan Bangladesh sepanjang 3.848 km. Sungai Brahmaputra mengalir ke arah timur melalui Daerah Otonomi Tibet Cina dari sumbernya di Himalaya kemudian ke India ke persimpangan dengan sungai Gangga yang lebih kecil. Dari sana, aliran bersama Sungai Brahmaputra bermuara di Teluk Benggala.
Baca Juga  Naker Funbike Sukses, Thanks To : PT.PKT, PT. KAD, PT. AMORI, PT. DAUM BUAH, PT. KAD, PT.KIE, PT. PERTAGAS, PT. YUM, PT. KMU, BPJS KETENAGAKERJAAN Kopkar PKT, PT. D&C, PT. KJS, PT. BARA MULTI JASA, PT. KNI. BANK KALTIMTARA, PT.WIKA, PT,PDA, TIRTA TAMAN, DINAS PUPR, PT. KPI, KEC. BONTANG SELATAN, PT. KMI, PT. KDM, DISNAKER, DISDIK&KEBUDAYAAN, KEC. BONTANG BARAT, BADAN KESBANGPOL, PT. BORNEO MITRA SINERGI, DINAS KESEHATAN, BPBD, DINSOS&PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PT.ESA TOUR TRAVEL, LKD ADJIERADJA, SEKWAN, PT. ENERGI UNGGUL PERSADA, DISDUKCAPIL, DLH, BADAK LNG, DKPPP, PT. PAMA PERSADA, BAPEDA, DPMPTSP, DISPORA, WALIKOTA, OPPO, TELKOMSEL, RSIB, RS BADAK, HUMAS SETDA BONTANG, DISHUB, RS. AMALIA, SATPOL PP, ISSI BONTANG, POLRES BONTANG, CV. BANJAR PUTRA

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply