Intip Manfaat Lengkuas dalam Semangkuk Sajian

KITAMUDAMEDIA – Lengkuas dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun apa sih sebenarnya manfaat lengkuas dalam sajian? tanaman yang memiliki nama ilmiah Alpona galangal ini bisa digunakan untuk meringankan berbagai gangguan kesehatan.

Lengkuas bisa digunakan untuk membangkitkan napsu makan, mengobati rematik, mengatasi bronkitis, mengatasi campak, mengobati sakit limpa, mengobati demam, mengobati kutu air, juga mengatasi stretch mark selepas melahirkan. Berbagai khasiat ini dikarenakan lengkuas mengandung minyak atsiri dan beberapa senyawa kimia yang baik bagi tubuh.

Dalam Healthline juga disebutkan bahwa lengkuas kaya akan antioksidan yang bisa digunakan untuk mencegah beberapa jenis kanker. Sedangkan akar dari lengkuas, bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seks.

Lantas apa sebenarnya guna lengkuas di dalam sajian? Apakah memberikan aroma? Atau menambahkan citarasa? Berikut manfaat lengkuas jika dimasukkan ke dalam sebuah sajian:

  1. Mengurangi bau tak sedap Seringkali kita memasak menggunakan bahan-bahan yang aromanya kurang sedap, seperti ikan yang berbau amis atau daging kambing yang prengus. Nah guna lengkuas, adalah untuk menetralisir bau tersebut. Aroma lengkuas yang kuat, apalagi jika dimemarkan hingga keluar airnya, bisa menutup bau amis dari bahan-bahan makanan.
  2. Memberi aroma khas Aroma lengkuas yang digeprek memang kuat, ada sedikit aroma pedas dan galak yang tersamar di dalamnya. Nah aroma inilah, yang sering dicari oleh para peramu bahan dapur. Aroma dalam lengkuas jika berpadu dengan bahan makanan dan bumbu-bumbu lain, bisa menciptakan aroma sajian jadi lebih kuat dan menggoda selera makan.
  3. Menambah citarasa Selain beraroma kuat, lengkuas juga memiliki citarasa khas. Ada sesapan pedas di dalam serat lengkuas. Pedas lengkuas ini beda dengan pedas cabai yang terlalu kuat. Pedas lengkuas hampir bisa diterima oleh banyak kalangan termasuk anak-anak. Jadi ketika lengkuas dimasukkan ke dalam sajian, citarasa sajian pun akan lebih kaya. Tak hanya berasa manis atau asin saja.
Baca Juga  Viral Aisha Weddings, Simak Bahaya Menikah di Usia 12-19 Tahun

Cara mengolah lengkuas

Untuk sajian berkuah bening atau santan, lengkuas bisa diiris atau cukup dimemarkan. Sedangkan untuk menghilangkan aroma amis ikan atau prengus daging, haluskan lengkuas bersama bumbu-bumbu lain seperti bawang putih dan garam. Dengan cara dihaluskan, aroma pedas lengkuas bisa keluar dengan maksimal.

Lengkuas bisa juga diparut. Dalam resep ayam goreng lengkuas atau serundeng, bumbu rempah ini diparut halus untuk nantinya digoreng bersama daging ayam atau bahan-bahan masakan lain. Sedangkan untuk membuat minuman herbal, lengkuas cukup dikupas kemudian diiris tipis-tipis.

Menyimpan lengkuas Penyimpanan lengkuas tidak merepotkan. Cukup diletakkan di wadah kering dalam suhu ruangan, dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung atau panas kompor. Suhu yang panas bisa menyerap kelembaban lengkuas. Sehingga minyak atsiri yang ada di dalamnya berkurang atau malah habis. Hindari juga menyimpan lengkuas di tempat lembab. Karena tempat lembab membuat lengkuas tumbuh tunas. Anda juga bisa menyimpan lengkuas di lemari pendingin. Tapi ingat, jangan menyimpannya di dalam plastik yang tertutup rapat agar lengkuas tak mudah berjamur. (Berbagai Sumber)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply