Jamin Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, Henry Pailan Sosialisasi Perda No 1 Tahun 2018

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Henry Pailan, melakukan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, di gedung serbaguna gereja toraja jemaat Kanaan Bontang, Sabtu (22/05/2021).

Penyandang disabilitas adalah warga negara yang mempunyai kedudukan hukum dan hak asasi manusia yang sama berdasarkan Undang- undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.

Dikatakan Henry Pailan bahwa Perda Nomor 1 tahun 2018 ini dibuat untuk melindungi disabilitas dari penelantaran dan segala tindakan diskriminatif serta pelanggaran hak asasi manusia (HAM). 

“Saya akan mengawal aspirasi warga, Perda yang sudah ada di tingkat Provinsi agar di tingkat Kabupaten/Kota segera ditindak lanjuti sehingga bisa berjalan,” ujarnya.

Adapun tujuan Perda tersebut diantaranya :

1. Mewujudkan penghormatan, pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia serta kebebasan dasar Penyandang Disabilitas secara penuh dan setara.

2. Mewujudkan taraf kehidupan Penyandang Disabilitas yang lebih berkualitas, adil,sejahtera lahir dan batin, mandiri, serta bermartabat. 

3. Melindungi Penyandang Disabilitas dari penelantaran dan eksploitasi, pelecehan dan segala tindakan diskriminatif, serta pelanggaran hak asasi manusia.

4. Memastikan pelaksanaan upaya penghormatan, pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas untuk mengembangkan diri serta mendayagunakan seluruh kemampuan sesuai bakat dan minat yang dimilikinya untuk menikmati, berperan serta berkontribusi secara optimal, aman, leluasa, dan bermartabat dalam segala aspek kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

Dirinya berharap dengan adanya sosialisasi Perda ini masyarakat dapat mengetahui bahwa penyandang disabilitas perlu mendapat bantuan dari pemerintah tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lain.

“Mereka mempunyai hak yang sama dengan kita, maka dari itu kita yang normal ini harus membantu mereka yang memiliki keunikan dan kekurangan, bukannya dikucilkan,” pungkasnya.

Baca Juga  Hampir Semua Ritel Modern di Bontang Sudah Terapkan Harga Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

Reporter : Lia Dewa

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply