Akhir Juni, BKPSDM Lakukan Pemetaan Kompetensi Pegawai Pemkot Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menjalin kerjasama dengan SDM POLRI yang difasilitasi melalui Biro SDM POLDA KALTIM dalam pemetaan kompetensi pegawai.

Guna merumuskan langkah strategis dan target outcome yang akan dicapai tersebut, BKPSDM Kota Bontang melakukan pembahasan secara komprehensif dengan beberapa perwira Polda Kaltim.

Menurut Kepala BKPSDM Kota Bontang, Sudi Priyanto, bahwa Terdapat banyak aspek yang menjadi pertimbangan untuk memperoleh kebijakan yang tepat dalam menempatkan dan mengangkat seorang pegawai. Lazimnya untuk penempatan seorang pegawai kedalam jabatan tertentu harus didasarkan pada kompetensi yang dimiliki.

“Adapun Manfaat dari pemetaan bagi instansi yakni memudahkan dalam proses pengembangan pegawai, dan mendistribusikan pegawai sesuai dengan unit kerja, serta dimilikinya database sistem informasi pegawai khususnya kompetensi pegawai,” ujarnya Rabu (9/6/2021).

Sementara itu Kompol Budiono menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah dan terus terjalin selama ini antara Pemkot Bontang dengan SDM Polri dalam memetakan kompetensi dan talent pegawai Pemkot Bontang yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Pada prinsipnya kami senantiasa siap memfasilitasi proses dan hasil pemetaan yang menjadi target. Yang lebih lanjut data yang dihimpun oleh asesor akan diolah pada SDM Polri,” kata Budiono.

Lebih lanjut Kabid Pengadaan Mutasi dan Pengembangan SDM, Hatamuddin menyampaikan bahwa assessment pemetaan kompetensi ini kami rencanakan akan dilaksanakan pada akhir bulan Juni 2021 ini bertempat di Polda Kaltim.

“Kami prioritaskan untuk mengikutsertakan pejabat yang belum pernah mengikuti assessment. Sementara bagi pegawai yang telah atau pernah mengikutinya maka datanya tetap akan menjadi bagian dari database informasi kepegawaian Pemkot Bontang,” pungkasnya

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply