Bontang Pencetus Forum Disabilitas Kreatif Se-Kaltim, Basri : Penyandang Disabilitas Jangan Minder

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kota Bontang menjadi pencetus Forum Disabilitas Kreatif Se Kalimantan Timur (Kaltim). Forum tersebut bertujuan agar penyandang disabilitas tidak merasa dikesampingkan.

Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, sebagai penyetus pihaknya berjanji akan terus mensupport segala kegiatan yang dilakukan oleh forum tersebut, pun berharap agar nantinya forum itu dapat menjadi ruang bagi penyandang disabilitas untuk berkreasi

“Kami akan terus mensupport karena kan ini inovasi sendiri, semoga wadah ini bisa lebih bermanfaat lagi bagi mereka (penyandang disabilitas),” pungkasnya usai pelantikan pengurus forum pemuda Disabilitas Kreatif di Audit Dispopar, Jum’at (18/6/2021).

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadispopar) Bontang Bambang Cipto Mulyono mengatakan kedepan pihaknya akan terus memberikan fasilitas sesuai kebutuhan mereka, mengingat banyak dari mereka yang memiliki prestasi bahkan di kanca nasional.

“Ada 593 penyandang disabilitas, tapi yang muda ada 104 orang, usia 16 sampai 30 tahun, mereka itu kebanyakan sudah berprestasi, banyak yang mereka bisa lakukan, akan kami berikan fasilitas khusus nanti sesuai program kerja mereka,” pungkasnya.

Dilokasi yang sama, Ketua terpilih dari Forum Disabilitas Kreatif Ahmad Akbar menjelaskan tujuan dari forum tersebut yakni, mengumpulkan penyandang disabilitas di Bontang dalam satu wadah, sehingga mereka bisa bangkit kembali lagi.

Ahmad mengatakan banyak keluhan kaum disabilitas selama ini, namun bingung menyampaikannya, itu sebabnya dengan adanya forum tersebut pemerintah dapat lebih peduli lagi kepada kaum difabel yang ada di Bontang

“Didalamnya ada semua penyandang disabilitas, ada teman-teman yang tuna rungu kan mereka bingung cara menyampaikan keluhannya seperti apa, itu sebabnya kami kumpulkan semua agar keluhan mereka dapat tersampaikan dan pemerintah juga dapat melirik kami, karena kami punya keahlian khusus namun butuh peran pemerintah untuk menjembatani, kami berharap pemerintah yang datangi kami perhatian pemerintah,” pungkasnya.

Baca Juga  Razia Miras, Belasan Botol Diamankan dari Warga Berbas Pantai

Lebih lanjut ia mengatakan ke depan teman-teman disabilitas akan menciptakan lebih banyak kreasi untuk Kota Bontang.

“Dengan adanya forum ini menjadi kesempatan buat kami untuk lebih bisa berkreasi lagi, tunggu pergerakan serta surprise kami saja mas,” ujarnya.

Reporter : Iqbal Tawakkal
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply