Pemerintah Siapkan Langkah Jika Covid-19 jadi Endemi

KITAMUDAMEDIA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan pemerintah sedang menyiapkan sejumlah langkah penyesuaian jika pandemi covid-19 menjadi endemi. Sebagai pengingat, endemi adalah penyakit yang menyerang lingkup lebih kecil dibanding pandemi, misalnya satu negara saja, wilayah, atau benua.

Sri Mulyani menambahkan persiapan dilakukan sesuai dengan pandangan sejumlah ilmuwan.

“Kami mungkin melihat 2022 adalah suatu masa di mana pandemi akan menjadi endemi. Jadi sekarang disiapkan langkah-langkah bagaimana Indonesia melakukan adjustment terhadap pandemi menjadi endemi,” ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers, Senin (16/8).

Ia menyatakan pemerintah akan selalu merespons perkembangan yang terjadi secara cepat. Pemerintah, sambung Sri Mulyani, juga akan melihat pandangan dari sejumlah ilmuwan, fakta, dan data yang ada.

“Karena Pak Presiden menyampaikan kami akan terus melakukan respons kebijakan berdasarkan data dan fakta,” ujar Sri Mulyani.

Salah satu penyesuaian yang dilakukan adalah dengan memastikan ketersediaan pasokan vaksin covid-19 di Tanah Air. Selain itu, protokol kesehatan juga dijalankan dengan ketat.

“Jadi menuju kebiasaan baru atau living with endemic, berarti vaksin tetap harus dan harus diakses seluas-luasnya. Lalu masker dan implementasi 3T,” jelas Sri Mulyani.

Sebagai informasi, kasus penularan covid-19 terus meningkat setiap hari. Data pemerintah mencatat kasus baru covid-19 bertambah 17.384 per hari ini.

Penambahan itu membuat kasus penularan covid-19 sejak awal pandemi berjumlah 3.871.738 kasus. Sementara, angka kematian bertambah 1.245 orang menjadi 118.833 orang.

Lalu, angka kesembuhan secara kumulatif berjumlah 3.381.884. Jumlah spesimen yang diperiksa per hari ini berjumlah 129 ribu unit. (CNN)

Editor : Redaksi KMM

Baca Juga  Ruas Jalan Protokol Mulai Ditutup, Ojek Online Boleh Lewat

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply