Sudah Dihapus, DED Jalan Lingkar Tetap Dilelang, DPRD Pertanyakan Sumber Dana

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Komisi II DPRD Kota Bontang kaget mengetahui Detail Engineering Design (DED) jalan lingkar Bontang Kuala – Tanjung Laut Indah masuk tahap lelang.

Ketua Komisi II, Rustam mempertanyakan sumber dana DED tersebut kepada pemerintah Kota Bontang. Pasalnya sepengetahuan DPRD pengajuan anggaran DED dihapuskan pada pergeseran APBD 2021.

“DED Jalan lingkar itu dihapus di pergeseran, kok sekarang sudah dilelang, pertanyaannya anggaran dari mana itu? Saya dapat info itu dari murni 2021, tolong kami diberi penjelasan, masuk dimana itu? apa kode rekeningnya? ” tanya Rustam saat membuka rapat bersama Bapelitbang, Kamis (2/9/2021).

Selanjutnya perlu diketahui, proyek jalan lingkar itu akan menggunakan skema penganggaran seperti apa, single years atau multi years. Pasalnya belum ada MoU dengan DPRD terkait hal tersebut.

“Kalau DED jadi, otomatis harus dikerjakan tahun depan. Sistem penganggaran seperti apa? single years kah? atau multi years, kalau multi years kan harus ada Memorandum of Understanding (Mou) dengan DPRD, dan sampai sekarang belum ada, berapa nilai proyeknya juga kami (DPRD) belum tahu? “, tambah Anggota Komisi II, Nursalam.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapelitbang) Kota Bontang Amirudin, menjelaskan penyusunan DED jalan lingkar sudah tertuang di APBD 2021, yang disahkan bersama DPRD di penghujung 2020 lalu.

“Sudah ada kok di APBD murni tahun ini (2021), Rp 862 juta, cuma kita ajukan lagi kemarin di pergeseran karena dinilai Dinas PUPR anggarannya masih kurang,” ujarnya.

Anggaran Rp 862 juta untuk penyusunan DED jalan lingkar belum tercukupi karena belum termasuk kajian lingkungan. Namun pengajuan Rp 1 miliar di pembahasan pergeseran mendahului APBD perubahan tersebut merupakan tambahan dana kegiatan, tapi tak disetujui Banggar DPRD Bontang.

“Di pergeseran diajukan lagi dengan nilai Rp 1 M untuk tambahan, tapi karena ditolak, kami manfaatkan anggaran yang ada untuk membuat perencanaan DED terlebih dahulu,” pungkasnya.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply