DED Jalan Lingkar Tetap Jalan, DPRD Pesimis Proyek Rampung, Bapelitbang : Optimis

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Penyusunan Detail Engineering Design (DED) jalan lingkar  terus berjalan, meski sempat mendapat penolakan dari DPRD Kota Bontang. 

Permintaan legislatif untuk menghentikan lelang DED tersebut, tak diindahkan eksekutif. 

DPRD menilai, realisasi proyek jalan lingkar Bontang Kuala-Tanjung Laut Indah sukar dilakukan, melihat besarnya anggaran yang dibutuhkan dan singkatnya masa jabatan Wali Kota Bontang. 

Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam mengungkapkan, jika melihat  anggaran fisik yang  diperkirakan senilai Rp 400 miliar maka dapat dipastikan pelaksanaannya masuk skema multiyears atau kontrak tahun jamak, dengan waktu maksimal 3 tahun dan tidak boleh melebihi masa jabatan Wali Kota.

“Wali Kota hanya 3,5 tahun dan sekarang sudah berjalan. DED baru dilelang. Saya yakin tidak akan selesai, tapi dikembalikan ke pemerintah, DPRD hanya mengawasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan pada prinsipnya DPRD mendukung semua kegiatan pemerintah, tapi dengan kajian dan pertimbangan pendanaan, agar tidak ada perencanaan yang sia – sia. 

” Sebagai warga Bontang saya mendukung  pembangunan jalan lingkar ini, selanjutnya kita lihat saja nanti perkembangannya, ” tambahnya. 

Sementara itu, Muji Esty Wahyudi perwakilan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) yang hadir dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi Gabungan DPRD Kota Bontang, Selasa (7/9/2021), menjelaskan salah satu tujuan penyusunan DED tersebut untuk mendapat gambaran berapa besar anggaran yang nanti dibutuhkan. Persoalan sumber anggaran, pemerintah Kota Bontang tidak semata menggunakan anggaran daerah, tapi berupaya meminta bantuan dari Provinsi dan Pusat, terlebih wacana IKN berada di Kaltim.

“ Dari perencanaan yang disusun (DED), kita coba optimis. Tidak serta merta kita mengandalkan APBD, tapi kita coba bantuan kekuatan anggaran dari Provinsi dan Pusat. Apa lagi IKN akan ada di Kaltim, “ jelasnya.

Baca Juga  Gondrong, Warga Marangkayu Ditangkap Edarkan Sabu, Naruto Dalam Pengejaran

Berbeda, Kepala Dinas PUPRK Kota Bontang Tavip Nugroho mengatakan pihaknya hanya sebagai tim pelaksana. 

“ Ada di anggaran DPA, ya…kami laksanakan. DED itu ada dari murni 2021,” ungkapnya.

Baca Juga :

Sudah Dihapus, DED Jalan Lingkar Tetap Dilelang, DPRD Pertanyakan Sumber Dana

Geram DPRD Tak Dilibatkan, BW Walk Out dari Rapat DED Jalan Lingkar

Jalan lingkar tersebut akan dibangung sepanjang  2.7 kilometer dari Bontang Kuala (BK) –  Tanjung Laut Indah. Diketahui saat ini, proses lelang masing berjalan, pemenang akan diumumkan 15 September 2021, penandatangan kontrak kerja 27 September 2021. (Redaksi KMM)

Editor : Kartika anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply