Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Ahli Ungkap Gejala Anak Kecanduan Internet

KITAMUDAMEDIA – Ahli Adiksi Perilaku dr. Kristiana Siste mengungkapkan beberapa gejala yang mungkin dialami anak jika kecanduan internet. Salah satunya adalah mulai kehilangan kontrol atas dirinya untuk berselancar di internet.

“Gejalanya itu kehilangan kontrol, durasinya semakin lama semakin meningkat dan dia tidak bisa mengontrol,” kata Siste dalam konferensi pers daring pada Sabtu (2/10).

Hal itu kemudian berlanjut pada perubahan pola waktu sang anak atau remaja. Waktu-waktu yang seharusnya dipakai untuk beristirahat atau beraktivitas riil malah digunakan untuk internet, baik bermain gim atau media sosial.

Selain peningkatan waktu, gejala anak mulai kecanduan internet adalah meningkatnya konten-konten yang dicari atau dimainkan di internet.

“Awalnya casual games, kemudian jadi battle arena. Awalnya dari handphone tapi lama-lama memainkannya di komputer,” tuturnya.

“Kemudian mereka juga memprioritaskan gim tersebut sehingga berdampak kurang tidur, susAhli Ungkap Gejala Anak Kecanduan Internet

Ia juga menegaskan dampak buruk itu tak hanya akan diterima dari pribadi sang anak. Namun, dampak kecanduan internet juga bisa dirasakan oleh orang-orang sekitar anak, seperti orang tua.

“Relasi dengan orang tua juga jadi memburuk. Prestasi akademik atau mungkin pekerjaannya juga jadi memburuk,” ucap Kepala Departemen Psikiatri RSCM itu.

Gejala-gejala itu disampaikan, kata Siste, supaya orang-orang tidak serta merta melabeli anak atau remaja yang berinternet sebagai pencandu. Namun, ia mengatakan pentingnya deteksi dini sebagai bentuk pencegahan.

Ia tak melarang anak-anak berinternet. Namun, Siste menekankan pentingnya pengawasan serta keseimbangan antara internet dengan aktivitas-aktivitas riil bagi anak dan remaja. (CNN)

Editor : Redaksi KMM

Baca Juga  4 Fakta Lengkap Klaim JHT Tak Perlu Tunggu Usia 56 Tahun

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply