Kursi Dewas BUMD Bontang Sepi Peminat, Pansel Perpanjang Pendaftaran

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Seleksi Dewan Pengawas (Dewas) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sepi peminat. Sejak dibuka 1 – 7 Oktober 2021.

Kepala Sub Bagian Ekonomi dan Pembinaan BUMD Sekretaris Daerah, Chandra mengatakan, sejauh ini baru 1 orang yang mendaftar diri.

“Baru 1 orang, itupun belum mengembalikan berkas,” Kata Chandra kepada redaksi Kitamudamedia.com saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (7/10/2021).

Alhasil, Panitia Seleksi (Pansel) memperpanjang waktu pendaftaran selama sepekan ke depan, 7 – 13 Oktober 2021 mendatang.

“Kemarin kami buka dari tanggal 1-7 Oktober, kemudian diperpanjang kembali hingga 13 Oktober,” jelasnya.

Chandra menuturkan, keputusan ini diambil sebagai upaya memberikan kesempatan bagi pejabat daerah baik Eselon 2 dan 3 di lingkungan Pemerintah Kota Bontang yang belum mengetahui informasi tersebut.

Sementara itu, untuk penjaringan tahun ini Pansel hanya membuka 3 lowongan Dewas atau Komisaris, untuk masing-masing Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal itu sesuai dengan aturan terbaru, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018. Pasal 16 huruf b, menyebutkan jumlah anggota Dewas atau Komisaris paling banyak sama dengan jumlah Direksi.

“BUMD di Bontang ini hanya 1 Direktur, maka sesuai Permendagri itu untuk BUMD yang hanya memiliki 1 Direktur, itu hanya memiliki 1 Dewan Pengawas atau Komisaris saja,” jelasnya.

Artinya yang bisa mengisi jabatan Dewas atau Komisaris itu, hanya dari kalangan pejabat daerah, tidak lagi terbuka untuk kalangan masyarakat umum, seperti periode sebelumnya di Perumda PDAM Tirta Taman.

“Itu merujuk Pasal 17 poin b di Permendagri itu,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Daerah Bontang Aji Erlynawati mengatakan untuk mengisi kursi kosong dari Dewas di tiga BUMD Bontang, Pemkot telah menunjuk pejabat daerah untuk menjabat sementara hingga proses penjaringan selesai.

Baca Juga  Tips Sehat Berpuasa, Ketua IDI Bontang : Jangan Kalap Saat Berbuka

” Sementara, kita tunjuk pejabat sebagai pelaksana tugas (plt) sampai penjaringan Dewas selesai, ” ungkap Aji.

Plt di masing – masing BUMD adalah Asisten II Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Zulkifli mengisi Plt Dewas PDAM Tirta Taman, Kabag Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Akhmad Rizanie Plt Komisaris PT BME.

Reporter : Muh Ridwan
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply