BW Dorong DKP3 Kelola Lahan Tidur Pemerintah untuk Pertanian Masyarakat

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang mendorong Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) memanfaatkan lahan tidur pemerintah untuk kepentingan pertanian masyarakat.

Menurutnya, DKP3 harus berani mengambil terobosan, bekerja sama dengan masyarakat untuk menggarap lahan-lahan yang ada dengan sistem pinjam pakai.

BW menerangkan, dengan pola itu ia optimis bisa membantu menutupi kekurangan lahan pertanian di Bontang yang memang sangat kurang.

“Bontang berdasarkan data, lahan pertanian kita sangat kecil hanya 7 persen dari luas wilayah secara keseluruhan,” ucap dia dalam rapat kerja bersama DKP3, Selasa (16/11/2021).

Selain itu, Politisi partai NasDem ini berkeyakinan potensi masyarakat Bontang untuk bertani sangat besar, tetapi kekurangan lahan. Ia berharap DKP3 bisa memfasilitasi kebutuhan tersebut tentunya dengan perjanjian yang jelas.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Ali Akbar mengaku pihaknya telah mengakomodir skema itu, bahkan sudah ada gabungan kelompok tani yang mengusulkan pinjam pakai di beberapa kawasan pemerintah.

“Saat ini sedang berproses di bagian aset daerah. Rasanya sudah ada titik terangnya kemungkinan di arahkan ke lahan di area bawah stadion Bessai Berinta,” terangnya

Ali menambahkan, DKP3 punya komitmen tidak hanya memfasilitasi lahan, tetapi juga bertanggung jawab sampai di tahap pendampingan dan penyaluran bantuan berupa bibit dan pupuk.

“Mudahan itu bisa berjalan semua di tahun 2022,” pungkasnya.

Reporter : Muh Ridwan
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Ketua Komisi III Pertanyakan Kepastian Rute Pelayaran Bontang-Mamuju

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply