Pembukaan Obyek Wisata Tergantung Satgas Daerah

KITAMUDAMEDIA – Kepala Dinas Parawisata (Dispar) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengatakan, pembukaan destinasi wisata ataupun obyek-obyek wisata untuk masyarakat di kabupaten dan kota tergantung kesepakatan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di masing-masing daerah.

“Kita prinsipnya menyesuaikan, obyek-obyek wisata yang masih dibuka dengan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Misalnya kalo masuk level 3 PPKM, itu harus sampai 50 persen, dan tentunya harus diikuti. Jadi kita ini sifatnya ikut aja apa yang jadi kebijakan daerah. Hanya kita minta agar pengelola wisata dapat menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” jelas Sri Wahyuni usai menghadiri pelantikan pejabat Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (21/2/2022).

Sri Wahyuni menambahkan, kalau penanganan Covid-19 tidak berjalan dengan baik, tentu juga berdampak pada pelaksanaan kegiatan wisata, sehingga tidak bisa berjalan secara optimal. Maka harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Artinya semakin turun level PPKMnya, maka semakin mudah juga membuka obyek-obyek wisata yang ada di daerah, begitu pula sebaliknya.

“Kita bersyukur, para pengelola industri pariwisata di Kaltim telah belajar dari pandemi COVID-19. Jadi mereka ada inisiatif-inisiatif melakukan kegiatan yang sifatnya online,”tandasnya.

Dikatakan, sebenarnya Bali sudah mulai buka untuk wisatawan asing, dan diharapkan para wisatawan tersebut juga bisa datang ke Kaltim, tetapi kembali lagi terhadap keputusan Satgas Penanganan Covid-19 di masing-masing kabupaten kota.

“Kita harapkan masyarakat juga mendukung, semakin penerapan Prokes dengan baik, otomatis berdampak pada penurunan angka yang terpapar Covid-19, dan level PPKMnya juga bisa turun, sehingga obyek wisata bisa dibuka dan wisatawan dari luar banyak berkunjung ke Kaltim,” harap Sri Wahyuni. (mar/her/yang/adpimprovKaltim)

Baca Juga  Najirah Gelar Jumat Bersih, Langkah Cepat Atasi Banjir

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply