Komisi II DPRD Bontang Minta Pemkot Gencar Promosi Pariwisata Lewat Event Besar

KITAMUDAMEDIA, Bontang –Komisi II DPRD Bontang terus mendorong dan mengupayakan agar destinasi wisata yang ada di Kota Taman terekspos ke masyarakat luar bahkan ke daerah lain.

Anggota Komisi II DPRD Kota Bontang, Sumaryono meminta pemerintah melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Bontang harus lebih sering menggelar event bertaraf nasional dan internasional, yang banyak mendatangkan tamu. Selain itu, Dispopar juga perlu memberikan pelatihan pemandu wisata kepada masyarakat Bontang.

“Itu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan Bontang. Baik itu dari segi budaya, wisata dan warganya,” ungkapnya dalam kegiatan RDP di Gedung Sekretariat DPRD Bontang, Selasa (21/6/2022).

“Pemerintah harus memberikan pelatihan tour guide untuk memperkenalkan wisata, budaya bahkan industri yang ada di kota Bontang kepada wisatawan,” tambahnya.

Menurutnya, jika wisatawan terus berdatangan maka Kota Bontang otomatis berkembang maka pariwisata berdampak pada peningkatan ekonomi usaha kecil menengah, peningkatan ekonomi pengusaha travel dan bahkan berdampak pada penambahan PAD Bontang pasca migas.

“Saya rasa kita perlu merubah mindset masyarakat untuk bisa memperkenalkan Bontang ke daerah lain. Namun ini tentu masih sulit. Karena itu yang efektif adalah memberi latihan tour guide,” terangnya.

Sementara itu, Jabatan Fungsional Adyatama Pariwisata dan Ekraf Dispopar Kota Bontang Azidah menuturkan pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut dan berupaya untuk terus memperkenalkan pariwisata Kota Bontang ke luar kota.

“Pada intinya kami akan terus mendorong dan segera menindaklanjuti,” ujarnya.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply