Rekrutmen Dirut BME Dibuka, Agus Haris : Jangan Ada ‘Titipan’

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Penjaringan calon Direktur PT Bontang Migas dan Energi (BME) mendapat perhatian khusus dari Wakil Ketua DPRD Agus Haris.

Menurutnya, Pimpinan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu harus memiliki kapasitas mumpuni dan paham dengan kondisi BME saat ini.

“Ini kan bisnis, jadi harus mampu mengembangkan perusahaan, sehingga BME bisa menyumbang PAD untuk Bontang,” ujarnya.

Agus Haris juga menyarankan agar calon Direktur BME harus fokus dan tidak terikat dengan jabatan di tempat lain.

“Harus punya banyak waktu, jangan diambil dari orang politik, intinya harus fokus,” katanya. 

Ketua DPC Gerindra Bontang itu juga menekankan agar rekrutmen bisa dilakukan dengan profesional, sehingga independensi Direktur terpilih di perusahaan tersebut bisa dipertaruhkan ke publik. 

“Kita minta kepada Pemerintah mulai Kepala Daerah sampai Kepala OPD jangan bermain-main dengan menitipkan orang-orangnya disitu, harus profesional mencari orang yang mampu mengendalikan perusahaan,” pungkasnya. 

Pendaftaran calon Direktur PT BME telah dibuka sejak 21 Oktober sampai 01 November 2019. 

Kabag Sosial dan Ekonomi Aguswati menyebut hingga saat ini pendaftar masih minim. Adapun salah satu persyaratan untuk bisa mengajukan diri sebagai orang nomor satu di perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu yakni tidak memiliki hubungan keluarga dengan Kepala Daerah. 

“Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti nepotisme memang sengaja persyaratan khususnya tidak boleh ada hubungan keluarga baik dengan Kepala Daerah maupun Komisaris,” tandasnya.  (Yulianti Basri/KA)

Leave a Reply