Disdikbud Gelar Pelatihan Asesor dan RCC Guru SMK se-Kaltim

KITAMUDAMEDIA, Samarinda – Gubernur Isran Noor melalui Staf Ahli Bidang SDM, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Christianus Benny membuka Pelatihan Asesor dan Regonition Current Competency (RCC) bagi Guru SMK se-Kalimantan Timur.

Pelatihan yang terselenggara pada Minggu (13/11/2022) malam ini merupakan inisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dalam sambutannya, Benny menyampaikan apresiasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Kaltim terhadap dilaksanakannya pelatihan pada hari ini. Kegiatan ini sebagai langkah dan upaya pemerintah menyiapkan tenaga kerja yang handal, utamanya para guru SMK agar dapat memiliki sertifikasi kompetensi.

“Kita ingin mereka dapat mendidik para peserta didik yang inovatif, kreatif, pintar, cerdas profesional dan bertanggung jawab,” ungkapnya, di Ballroom Hotel Mercure, jalan Mulawarman, Kota Samarinda.

Menurutnya, memberikan pelatihan pada guru SMK untuk menjadi asesor sangatlah penting. Sebab, asesor merupakan ujung tombak bagi SMK supaya bisa menjembatani antara yang diajarkan di sekolah dengan kebutuhan industri saat ini.

Banyaknya asesor yang tersertifikasi dalam pelatihan ini, ia berharap agar sumber daya manusia di Kaltim, khususnya mereka yang lulusan SMK bisa langsung diterima dan diserap di dunia usaha dan dunia industri sesuai dengan kompetensi masing-masing lulusan.

Para peserta yang telah mendapat sertifikasi diharapkan bisa melakukan penilaian dalam uji kompetensi siswa kedepannya. “Semoga bisa dilakukan penyesuaian antar kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan mengatakan bahwa pelatihan ini akan terlaksana selama satu bulan. Mulai tanggal 13 November hingga 13 Desember 2022.

“Jadi, kegiatannya itu kita bagi dalam 6 Batch mulai tanggal 13 November sampai 13 Desember 2022,” beber mantan Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Kaltim tersebut.

Baca Juga  Pemadaman Listrik di 5 Wilayah, Ini Penyebabnya

Batch pertama akan diikuti 96 orang dari tanggal 13-19 November 2022. Batch kedua akan diikuti 96 orang dari tanggal 19-25 November 2022. Batch ketiga diikuti 96 orang dari tanggal 25 November hingga 1 Desember 2022. BAB keempat diikuti 9 orang dalam 4 kelas mulai tanggal 1-7 Desember 2022.

Kemudian Batch kelima lanjut Kurniawan, diikuti 48 orang dalam dua kelas mulai tanggal 7-13 Desember. Batch keenam diikuti 32 orang dalam dua kelas dari tanggal 7-10 Desember 2022. “Semoga acara ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar,” tegasnya.(ADV/DISDIKBUDKALTIM)

( Redaksi )

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply