Perbasasi Bontang Gelar Laga Sofball Antar Club, 4 Tim Bertanding Sengit

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kota Bontang menggelar laga softball antar klub, pada 26 – 27 November 2022.

Pertandingan berlangsung seru dan sengit. Masing – masing klub menunjukan kelihaiannya memukul, melempar dan menangkap bola. Softball adalah jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu, yakni tim penjaga dan pemukul.

Ketua Panitia, Rona Ferdian menjelaskan event eksebisi softball ini merupakan bagian dari agenda kerja Perbasasi Bontang. Selain itu sengaja dibuat pertandingan antar klub karena pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi Kaltim tahun 2022 ini, cabang olahraga (cabor) softball tidak dipertandingkan. Di Bontang sendiri ada dua klub yakni Pupuk Kaltim (PKT) dan Rhinoceros, namun pada laga kali ini, dibagi menjadi 4 tim yakni, PKT, Bessai Berinta, Khatulistiwa dan Rhinoceros.

“ Ini bagian dari agenda kerja Perbasasi Bontang, selain itu kan tidak dipertandingkan di Porprov Kaltim, jadi kita buat pertandingan antar club,” jelasnya di sela pertandingan, Minggu (27/11/2022).

Pada pertandingan kali ini, dimainkan dua tipe permainan yakni, fast pitch softball. Tipe ini merupakan permainan yang ditentukan oleh pitcher. Di sini pitcher melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Meski terlihat sama, tetapi ada bedanya. Perbedaannya terdapat pada gaya lempar pitcher dan cara melepaskan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.

Selanjutnya slow pitch softball, tipe satu ini memberikan kemudahan bagi batter untuk memukul bola. Batter diberi bola terus menerus sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pitcher melakukan tipe permainan ini adalah pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi tanpa dibatasi umur dan gender.

Muncul sebagai pemenang yakni tim PKT, setelah mengalahkan lawannya Bessai Berinta pada laga final dengan skor 9 : 3. Sementara juara 3 dan 4 diraih tim Khatulistiwa dengan perolehan skor 7 dan Rhinoceros dengan point 6.

Kedepan, Rona berharap olahraga softball dan baseball di Bontang semakin banyak peminat dan Perbasasi bisa terus melahirkan atlet – atlet handal hingga tingkat nasional. “Kebetulah dari Bontang sudah ada pemain nasional, ke depan mudah – mudahan ada lagi pemain – pemain baru yang bisa sampai nasional,” tambahnya.

Reporter : Zara
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply