Resmi Bertugas, PKD Diminta Jaga Komitmen Awasi Pemilu

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Setelah dilantik,sebanyak 3 anggota pengawas pemilu kelurahan desa (PKD) dari 3 Kelurahan di Kecamatan Bontang Barat diminta untuk mampu menjaga komitmen dalam menjalankan tugas sebagai Pengawas Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Kelurahan, Kecamatan Bontang Barat, Bahrun Amin, mengatakan pengawas Pemilu bertanggung jawab memastikan penyelenggaraan pemilu bisa berlangsung jujur hingga akhir penugasannya.

“Setiap pengawas itu bertanggung jawab di kelurahannya masing-masing dari semua tahapan awal mereka masa tugas hari ini sampai tugasnya berakhir,” ucapnya saat ditemui redaksi kitamudamedia.com Senin (06/02/23).

Pengawasan dilakukan pada semua tahap dari tahapan awal hingga akhir, diantaranya pemutakhiran pendataan pemilih, kampanye, pencoblosan dan lain sebagainya.

“Jadi semua tahapan yang dilaksanakan oleh KPU itu diawasi. Mulai dari, pemutakhiran data pemilih , kampanye, sampai pencoblosan di hari H dan masih banyak lagi tahapan lainnya,”ujarnya.

Dikatakan, Bahrun tujuan dari pengawasan tersebut juga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tujuan nya sebenarnya adalah yang didahulukan adalah pencegahannya bukan penindakannya,”katanya.

Kemudian, ia mengingatkan kepada seluruh Panwaslu yang baru saja dilantik untuk menjaga komitmen dalam bekerja sebagai pengawas Pemilu sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Jadi, kami mengupayakan semua tahapan itu dicegah jangan sampai terjadi hal-hal yang menjadikan melanggar aturan yang mengarah kode etik, mengarah administratif, mengarah pada pidana,”terangnya.

Reporter: Amel
Editor: Kartika Anwar

Baca Juga  ODP Bertambah Jadi 16, 2.191 Orang Kini Dalam Status Monitoring

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply