Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Gempa Banten 7 Februari 2023 M 5,2: Lokasi Hingga Penyebabnya

KITAMUDAMEDIA – Gempa terjadi di Banten pada Selasa, 7 Februari 2023 pagi hari. Gempa hari ini yang mengguncang wilayah selatan Lebak, Banten ini terasa getarannya hingga di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berikut ini sederet informasi yang diketahui terkait berita gempa bumi di Banten 7 Februari 2023.

Melansir situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (7/2/2023), gempa di Banten 7 Februari 2023 memiliki kekuatan Magnitudo (M) 5,2. Gempa bumi ini dilaporkan terjadi pada pukul 07.35 WIB.

Pusat Gempa Banten 7 Februari 2023: Tenggara Muarabinuangeun

Lokasi gempa Banten 7 Februari 2023 terletak di koordinat 7.43 lintang selatan (LS) hingga 105.88 bujur timur (BT. Titik pusat titik pusat gempa di Banten ini berada di laut 66 km Tenggara Muarabinuangeun dengan kedalaman 10 kilometer (km).

“Lokasi gempa: pusat gempa berada di laut 66 km Tenggara Muarabinuangeun,” bunyi keterangan BMKG dilihat di website warning.bmkg.go.id.

Gempa Banten 7 Februari 2023 Tak Berpotensi Tsunami

BMKG menyebut gempa bumi di Banten 7 Februari 2023 dengan kekuatan M 5,2 ini tidak berpotensi memicu terjadinya tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di situs resminya, Selasa (7/2).

Selain itu, BMKG juga menyarankan agar masyarakat hati-hati. BMKG mengatakan kemungkinan terjadi gempa susulan.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulanHati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulisnya.

Dampak Gempa Banten 7 Februari 2023 Terasa di 17 Wilayah

Dampak getaran gempa bumi Banten 7 Februari 2023 berkekuatan M 5,2 ini terasa hingga di sejumlah wilayah termasuk di Jakarta dan sekitarnya. Gempa dirasakan di sejumlah daerah dengan skala yang berbeda. Berikut sebarannya:

III-IV Bayah

III-IV Banjarsari

III-IV Tamanjaya

III Serang

III Pandeglang

III Malingping

III Ciptagetar

Baca Juga  1 Orang Positif, Klaster Ijtima Gowa Tambah Daftar Kasus Covid-19 di Bontang

III Cikeusik

III Labuan

III Tangerang

III Panimbang

III Cinangka

II Tangerang Selatan

II Bogor

II Cianjur

II Sukabumi

II Jakarta

Skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan skala IV MMI berarti pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Jenis dan Penyebab Gempa Banten 7 Februari 2023

Berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa bumi di Banten 7 Februari 2023 dengan kekuatan M 5,2 merupakan gempa bumi dangkal. BMKG juga menyebut, penyebab gempa di Banten ini terjadi akibat adanya pergerakan subduksi lempeng Indo-Australia.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust),” Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangannya, Selasa (7/2).

Berdasarkan pantauan BMKG, hingga pukul 08.00 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).( Detik)

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply