527 Pantarlih Lakukan Coklit Data Pemilih di Kota Bontang, Warga Diminta Bersiap

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang sejak 12 Februari – 11 April 2023 dengan melibatkan 527 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Pantarlih, serentak melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) secara door to door ke kediaman warga dan tokoh masyarakat/pemerintahan Kota Bontang.

Dijelaskan Komisioner KPU Kota Bontang, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Antoni Lamini Pantarlih adalah petugas yang dibentuk oleh PPS dan PPLN untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih. Ruang lingkup kerja Pantarlih adalah TPS yang berbasis RT atau gabungan RT dalam lingkup di Kelurahan.

” Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum. Kami memastikan semua warga negara yang memenuhi syarat terdaftar sebagai Pemilih tanpa diskriminasi, termasuk akses pemilih untuk terdaftar dan mengetahui data dirinya sebagai Pemilih secara mudah, juga untuk memperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen data, ” jelasnya saat dihubungi oleh redaksi kitamudamedia.com Kamis (16/02/2023).

Ditambahkan Antoni, dalam melaksanakan kegiatan Coklit Pantarlih mencocokkan Daftar Pemilih pada formulir Model A-Daftar Pemilih dengan KTP-el dan/atau KK.

mencatat data Pemilih yang telah memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar dalam Daftar Pemilih;

memperbaiki data Pemilih jika terdapat kekeliruan;

mencatat keterangan Pemilih penyandang disabilitas pada kolom ragam disabilitas;

mencatat data Pemilih yang telah berubah status dari status prajurit Tentara Nasional Indonesia atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi status sipil dibuktikan dengan menunjukkan surat keputusan pemberhentian sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia;

mencatat Pemilih yang tidak memiliki KTP-el dengan memberikan keterangan Pemilih tidak memiliki KTP-el;

mencoret data Pemilih yang telah meninggal dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan kematian atau dokumen lainnya;

mencoret data Pemilih yang telah berubah status dari status sipil menjadi status prajurit Tentara Nasional Indonesia dan/atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dibuktikan dengan menunjukkan kartu tanda anggota Tentara Nasional Indonesia dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia;

mencoret data Pemilih yang belum pernah kawin/menikah dan belum genap berumur 17 (tujuh belas) tahun pada hari pemungutan suara; dan

menandai data Pemilih, yang berdasarkan KTP-el atau KK bukan merupakan Pemilih yang beralamat di TPS wilayah kerja Pantarlih.

Baca Juga  TikTok Shop Ditutup, Bagaimana Transaksi Belanja yang Belum Selesai?

” Pantarlih wajib mendatangi Ketua RT masing-masing dalam persiapan mendapatkan informasi Pemilih di lingkungannya, ” ungkap Antoni.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Bontang, diharapkan kesediaanya dan meluangkan waktu untuk menerima kedatangan Pantarlih yang akan datang secara door to door, karena Pantarlih akan meneliti dan mencocokkan data Pemilih yang tertera pada KTP- el atau Kartu Keluarga dengan data pada formulir Model A-Daftar Pemilih. Berikan Informasi yang dibutuhkan oleh Pantarlih secara Jujur dan Benar.

Senada, Wakil Walikota Bontang, Najirah mengajar seluruh masyarakat Kota Bontang berpartisipasi pada tahapan coklit dengan
menerima kehadiran Pantarlih.

“Kepada seluruh masyarakat Kota Bontang saya imbau untuk dapat menerima kehadiran Pantarlih dirumah -rumah warga,” ucap Najirah.

Menurut Najirah dengan adanya kerja sama antar masyarakat selama pendataan dapat mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu di Tahun 2024 nanti.

“Dengan data yang mutakhir valid dan faktual tentu akan mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu tahun 2024,” tambahnya.

Sebagai informasi, satu TPS bertugas satu Pantarlih. Tersebar di 3 Kecamatan, 15 Kelurahan. Terinci Bontang Utara sebanyak 242 orang. Bontang Selatan 199 orang. Bontang barat 86.

Reporter: Amel
Editor: Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply