4 Seleksi Mandiri PTN 2023 yang Bisa Menggunakan KIP Kuliah

KITAMUDAMEDIA – Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia saat ini telah membuka jalur pendaftaran seleksi mandiri. Pola dan biaya seleksi mandiri di masing-masing PTN berbeda, tergantung pada kebijakan pimpinan kampus.

Jalur seleksi mandiri biasanya memakan biaya pendaftaran hingga kuliah yang lebih besar dibandingkan jalur seleksi nasional, SNBP atau SNBT. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa PTN yang biaya pendaftaran jalur seleksi mandirinya dapat menggunakan KIP Kuliah.

KIP Kuliah sendiri adalah pembiayaan yang diberikan oleh Kemdikbud dengan membebaskan biaya pendidikan hingga memberikan biaya hidup sebesar Rp. 700 ribu per bulan kepada mahasiswa penerimanya.

KIP Kuliah ini bisa digunakan pada pendaftaran jalur seleksi mandiri di kampus-kampus berikut ini.

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Jalur seleksi mandiri Unpad dikenal dengan sebutan SMUP. Pendaftar dalam seleksi ini bisa memilih S1 Jalur Nilai Ujian, S1 Jalur Prestasi, S1 Jalur Kelas Internasional (IUP), atau Sarjana Terapan Jalur Nilai Ujian.

Bagi pemegang kartu KIP Kuliah, maka mereka bisa mendaftar SMUP Unpad menggunakan beasiswa yang dimilikinya tersebut. Pendaftar dengan KIP Kuliah pun nantinya tidak perlu membayar biaya pendaftaran, namun cukup melengkapi formulir pendaftaran serta memilih opsi jalur masuk KIP Kuliah pada bagian minat.

2. Universitas Indonesia (UI)

Kampus ini memiliki jalur seleksi mandiri yang disebut SIMAK UI. Jalur SIMAK UI pun menyediakan kesempatan bagi pendaftar yang memiliki KIP Kuliah untuk memanfaatkannya.

Sebagaimana ketentuan SIMAK UI 2022, pendaftar dengan KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Namun, peserta dengan KIP Kuliah wajib mengisi informasi di menu KIP Kuliah pada laman penerimaan.ui.ac.id.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jalur seleksi mandiri ITB atau SM ITB ini terbuka lebar bagi pemilih KIP Kuliah. Nantinya, mereka bebas biaya pendaftaran SM ITB dan juga digratiskan menempuh pendidikan di ITB jika memiliki beasiswa tersebut.

Baca Juga  2 Mahasiswa di Semarang Tewas Diduga Tersengat Listrik Saat Terobos Banjir

SM ITB sendiri mengharuskan pendaftar untuk memiliki nilai UTBK untuk mendaftar jalur ini. Adapun KIP Kuliah pada SM ITB ini berlaku bagi calon mahasiswa program sarjana.

4. UPN Veteran Jakarta (UPNVJ)

UPNVJ menyediakan kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk memanfaatkan KIP Kuliah yang dimiliki untuk mendaftar seleksi mandiri atau SEMA-UPNVJ sebagaimana informasi pada penerimaan mahasiswa baru jalur SEMA-UPNVJ tahun 2022.

Jika peserta nantinya diterima lewat SEMA UPNVJ menggunakan KIP Kuliah, maka akan ada pihak yang melakukan survei dan verifikasi data ekonomi untuk memastikan kelayakan untuk menjalani kuliah secara gratis.(detik)

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply