O2SN Cabor Pencak Silat Tingkat SMK, Bontang Target Melaju ke Nasional

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pertandingan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Olahraga (Cabor) pencak silat tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Bontang mulai digelar, Sabtu (10/06/2023) bertempat di Sport Center Loktuan.

Suryanto, ketua pelaksana mengatakan target setelah seleksi se-Kota Bontang, bisa berlanjut lolos ke jenjang provinsi Kaltim, hingga ke tingkat nasional.

“Seleksi ini untuk mempersiapkan para atlet yang berbakat di Kota Bontang, mampu berlanjut menjuarai di tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Bisa mempersiapkan diri dengan baik lagi, yaitu dengan berlatih yang tekun. Serta paham dengan perkembangan peraturan yang baru diterapkan”, ungkapnya.

Dalam pertandingan ini terdapat dari 7 sekolah yang mengikuti O2SN tingkat SMK, antara lain SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4, SMK Muhammadiyah, SMK Nusantara, dan SMK YKPP. Terdaftar 11 atlet, 7 putra dan 4 putri. Selain itu, terdapat juga 12 dari panitia pelaksana termasuk wasit juri.

Selanjutnya O2SN tingkat provinsi,
akan dilaksanakan pada
Agustus, dan O2SN tingkat nasional pada september 2023 mendatang. Dalam pertandingan cabor pencak silat pun menggunakan aturan baru, sehingga para pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bontang harus menerapkan peraturan tersebut kepada para atlet, agar para atlet paham dan mengerti mengenai peraturan baru di cabor pencak silat.

“Mulai sekarang di cabor pencak silat kami menggunakan peraturan baru, dalam peraturan baru ini ada banyak perubahan. Atlet maupun wasit juri harus sama-sama mengerti dan paham agar bisa mengikuti peraturan baru tersebut. Sehingga tidak ada kerugian atau kesalahan bagi para atlet itu sendiri, dan wasit juri juga tidak ada ke salah pahaman saat memimpin berlangsungnya pertandingan”, ucapnya.

Selain itu, untuk medis yang bertugas dalam pertandingan O2SN, panitia bekerja sama dengan dinas kesehatan. Sementara gedung, di fasilitasi oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar).

Baca Juga  Audit Stunting Tahun 2022, Pemkot Kerucukan Kasus dari 38 menjadi 10

Suryanto menambahkan, dengan berjalan pertanding O2SN tingkat SMK ini, pihaknya berterima kasih kepada Wali Kota Bontang, Dispopar Kota Bontang, dan juga wasit juri IPSI Kota Bontang yang telah mensupport, bekerja sama, membantu dan memfasilitasi dalam pertandingan tersebut.

Reporter : Dwi S
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply