Hasil Sokongan Dewan Guru, SD Kreatif Muhammadiyah Kurban 5 Sapi 1 Kambing

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Tak berbeda dari tahun sebelumnya, lebaran Idul Adha 1444 H, tahun ini Sekolah Kreatif Muhammadiyah Bontang kembali berkurban. Hewan kurban yang disiapkan terdiri dari 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Pembelian hewan kurban dari hasil sokongan atau iuran para dewan guru. Dimana
setiap bulannya guru melakukan pemotongan gaji, atau sebagian gajinya disisihkan untuk membayar kurban.

Ika Bonita Mardiani, selaku sebagai Kepala Sekolah Kreatif Muhammadiyah Bontang mengatakan bahwa tahun ini menargetkan 3 sapi, akan tetapi mendapat tambahan 2 sapi dan 1 kambing dari para donatur.

“Kami targetkan 3 sapi, dan alhamdulillah kami mendapatkan tambahan 2 sapi dan 1 kambing, dari para donatur yakni para siswa, pemilik toko Balita, dan Mardi Raharjo. Yang dimana, pelaksanaan penyembelihan dilakukan di Sekolah Kreatif Muhammadiyah Bontang”, ucapnya saat diwawancarai redaksi kitamudamedia.com, Rabu (28/06/2023).

Dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban ini melibatkan 71 panitia, terdiri dari guru, shadow, komite, warga sekitar, serta tim juru penyembelihan halal (Juleha).

“Untuk pembagian daging, para mustahik menerima daging seberat 1 kilogram, sedangkan para muqorib mendapatkan daging sebesar 3 kilogram. Yang mendapatkan daging pun berupa para siswa-siswi yang kurang mampu yakni yatim piatu atau dhuafa, siswa yang melakukan pelatihan kurban, warga sekitar, para guru-guru di sekolah termasuk guru TK Aba 4,5, dan 6, yang sudah terhitung kurang lebih 200 paket,” ungkapnya.

Mengapa siswa yang ikut pelatihan kurban mendapatkan daging kurban juga, karena para siswa-siswi yang ikut berpartisipasi dalam pendanaan kurban, yang dimana para siswanya perorang membayar Rp 100 ribu rupiah, untuk pelatihan penyembelihan. Latihan penyembelihan pun dipantau langsung oleh tim Juleha, dokter hewan, serta seluruh guru-guru Muhammadiyah di Bontang.

Baca Juga  Sukses Jalankan Tugas, Paskibraka Tingkat Provinsi Kaltim Dapat Hadiah Handphone

Ika Bonita Mardiani juga menambahkan Idul Adha kali ini sangat luar biasa, sebagaimana kegiatan akademik Sekolah Kreatif, warga kreatif ikut serta membantu dalam berlangsungnya kegiatan ini, sehingga berjalan dengan baik. Harapannya kedepan dapat berlanjut setiap tahun, sehingga bisa berbagi dengan warga sekitar dan orang-orang yang kurang mampu. Tahun ini pun sudah ke 7 kalinya, Sekolah Kreatif berkurban.

Reporter : Dwi S
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply