Awesome Logo
Tersedia ruang iklan, informasi hubungi 08125593271                    Segenap Pimpinan dan Redaksi Kita Muda Media Mengucapkan Marhaban ya... Ramadhan 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin                    Patuhi Protokol Kesehatan dan Jaga Imunitas                    Follow Medsos KITAMUDAMEDIA FB : kitamudamedia, Fan Page FB : kitamudamedia.redaksi, IG : kitamudamedia.redaksi, Youtube : kitamudamedia official                                   Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 H                         

Dukung Konektivitas Digital di IKN, Varuna Bangun Jaringan Kabel Sepanjang 4.100 km

KITAMUDAMEDIA – PT Varuna Cahaya Santosa (VCS) akan membangun jaringan kabel bawah laut dan darat sepanjang 4.100 kilometer yang diberi nama Varuna cable Systems.

Jaringan kabel tersebut akan menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura.

Jaringan yang terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat berperan penting dalam menyediakan konektivitas digital ke ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).ppp

“Mengingat ekonomi digital yang berkembang pesat di luar Pulau Jawa, di mana infrastruktur telekomunikasi masih kurang berkembang, VARUNA muncul sebagai pilar utama untuk mendorong perwujudan visi teknologi Indonesia ke depan,” kata Peter usai penandatanganan kerjasama di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Varuna Cahaya Santosa merupakan perusahaan patungan yang didirikan oleh PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), anak perusahaan dari PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk, PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), anak perusahaan dari PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co Ltd Jepang.

Peter menyebut Varuna menggabungkan keahlian perusahaan induknya seperti CCSI merupakan pionir industri kabel optik Indonesia yang memproduksi kabel bawah laut, Matrix NAP Info sebagai operator kabel bawah laut sekaligus melayani penyedia layanan internet Indonesia dengan layanan bandwidth internasionalnya dan Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang, telah menjadi investor kunci di jaringan kabel bawah laut skala besar lainnya seperti Juno Cable.

“Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa dan melalui kerjasama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia,” kata Peter.

Baca Juga  Sekolah Swasta Keluhkan Sepi Peminat, Anwar Sanusi : Kualitas Bagus, Pendaftar Datang

Direktur Matrix NAP Info, Omar Syarif Nasution mengatakan, jaringan Varuna melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri, menandai bab baru dalam perjalanan kami melampaui Jawa.

“Kolaborasi dalam membentuk Varuna ini kami harapkan dapat semakin mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia, Shinichi Kikuchihara mengatakan, proyek VARUNA merupakan proyek pembangunan bangsa khususnya di kawasan timur Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital.

“Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek Varuma, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang kami peroleh dari pengalaman pengembangan proyek terkait infrastruktur di seluruh dunia,” kata Shinichi.

Editor : Redaksi KMM

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply