Kongres Dunia Tafisa ke-28 Digelar, Kadispora Kaltim Bertolak ke Jerman

KITAMUDAMEDIA,Samarinda – Kongres Dunia Tafisa ke-28 terselenggara di Dusseldorf, Jerman. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma menghadiri acara yang berlangsung pada 31 Oktober-7 November tersebut.

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat dikonfirmasi salah satu wartawan di Samarinda.

“Beliau berangkat ke Jerman,” sebut Rasman, saat dijumpai beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman tafisa.org, diketahui kongres ini adalah puncak dari kalender olahraga global untuk seluruh gerakan. Diikuti sekitar 500 peserta dari 100 negara.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo tampil sebagai salah satu pembicara, pada Sabtu 4, November 2023 lalu. Dalam paparannya, Menpora berbicara mengenai tata cara mengatasi perubahan iklim lewat olahraga.

Menpora menyebut, kementeriannya memiliki program bernama Pepelingasih (Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih). Program ini merupakan ejawantah dari bagaimana olahraga bisa menjadi alat dalam mengatasi perubahan iklim.

“Ini adalah program yang digerakkan oleh pemuda untuk mengakomodasi dan mendorong generasi muda di Indonesia dalam mendukung tantangan mitigasi krisis iklim,” kata Menpora sebagaimana dilansir dalam laman web Kemenpora.

Mengenai olahraga sebagai alat perubahan iklim, Dito menjelaskan bahwa strategi berbasis komunitas penting dilakukan. Adanya komunitas akan mendorong partisipasi pemuda dalam proses pengambikan kebijakan soal iklim lewat olahraga.

“Kolaborasi dengan komunitas menjadi sangat penting dan mendorong partisipasi pemuda yang lebih tinggi dalam bekerja sama terkait proses pengambilan kebijakan mitigasi krisis iklim di masa depan,” ucap Dito.

Kongres Tafisa ke-28 yang berlangsung di Jerman tahun ini mengangkat tema “Untuk Dunia yang Lebih Baik Melalui Olahraga untuk Semua”.

Indonesia sudah aktif dan pernah menjadi tuan rumah Tafisa Games pada 2016 silam. Dari Kaltim sendiri, selain Kadispora tampak hadir Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim Sri Wahyuni, seperti terlihat dalam unggahan Instagram Dispora, Senin, 6 November 2023.(Redaksi/AdvDisporaKaltim)

Baca Juga  Menhub: 60 Persen Pemudik Belum Balik dari Kampung Halaman

Editorr : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply