Vaksin Covid-19 Di Bontang Mulai Berbayar Per Januari 2024

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Berakhirnya masa pandemi covid-19 maka Pemerintah Pusat menginformasikan bagi yang ingin melakukan vaksin covid-19 akan mulai berbayar per Januari 2024 di seluruh Indonesia termasuk Kota Bontang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang, Toetoek Pribadi Ekowati mengatakan, pemberian vaksin covid-19 akan mulai diberlakukan berbayar mulai Januari 2024, namun ada 2 mekanisme yang berlaku, tidak semua akan berbayar. Tapi diperlakukan sama halnya seperti BPJS Kesehatan, ada yang biaya pribadi dan ada yang dibiayai Pemerintah.

“Nanti berlaku sama hal nya seperti BPJS kesehatan, hanya saja akan ada 2 mekanismenya atau bisa disebut ada golongan yang mendapatkan vaksin gratis,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk program imunisasi atau vaksin covid-19 secara gratis hanya untuk yang masuk kategori yaitu : Pertama, kelompok masyarakat yang berisiko kematian dan penyakit parah akibat infeksi covid-19 yaitu lanjut usia dan dewasa muda dengan komorbid dan obesitas berat. Kedua dewasa remaja usia 12 tahun keatas dengan kondisi immunocompromised sedang-berat, wanita hamil, dan tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan.

“Jadi mekanisme nya mengikuti BPJS yang berlaku ya, untuk lebih jelasnya biayanya dan aturannya seperti apa akan kami rapatkan terlebih dahulu,” tuturnya.

Di akhir ia mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait aturan baru ini baik sosialisasi langsung maupun melalui media, dan rencananya akan dilakukan di awal tahun ini.

“Kebijakannya kan baru masuk di akhir Desember, jadi untuk mekanismenya masih akan kami koordinasikan dahulu, dan setelah itu baru kita bergerak untuk mensosialisasikan kepada masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Yulia.C
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Pemilik Wisma di Prakla Jual Anak Dibawah Umur, Modus Dikasih Kerjaan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply