BMKG Peringati Potensi Hujan dan Petir saat Lebaran di Kaltim

KITAMUDAMEDIA,Bontang- Hari terakhir puasa Ramadhan dan Lebaran pertama pada Selasa dan Rabu (9-10/4) di semua kabupaten/kota Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan terjadi hujan petir, hujan lebat, dan hujan ringan. 

“Mengingat potensi hujan dengan beragam intensitas baik rendah, sedang, hingga tinggi ini, maka semua pihak kami harap waspada terhadap kemungkinan dampaknya,” ujar Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Henu Aulia Zuardi di Balikpapan, Senin.

Hujan juga berdampak pada berbagai hal, lanjutnya, antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, dan kemungkinan umat yang Shalat Id di lapangan terbuka kehujanan, sehingga pengamanan harus disiapkan sejak awal.

Semua kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami hujan antara lain di Kota Samarinda pada Selasa, hujan lebat diprakirakan terjadi di semua kecamatan sekira pukul 17.00 Wita. Kemudian Rabu pagi diprakirakan hujan ringan juga di semua kecamatan sekira pukul 08.00 Wita.

Kemudian di Kota Balikpapan pada Selasa, hujan ringan dan hujan lebat diprakirakan terjadi pukul 17.00 di lima kecamatan yakni Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, dan Balikpapan Barat. Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Kecamatan Selatan dan Balikpapan Tengah.

Sekira pukul 20.00 Wita pada hari yang sama, hujan ringan diprakirakan terjadi di semua kecamatan dan pukul 23.00 hujan ringan di Kecamatan Balikpapan Kota.

Pada Rabu dini hari sekira pukul 02.00 dan 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota. Pagi harinya sekira pukul 08.00 Wita hujan ringan di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Selasa sekira pukul 17.00 Wita, hujan ringan, sedang, hujan lebat, hingga hujan petir terjadi di 15 kecamatan, hanya tiga kecamatan yang diperkirakan cerah berawan yakni Kecamatan Muara Badak, Marangkayu, dan Tenggarong Seberang.

Baca Juga  DKP3 Siapkan 1000 Dosis Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

Sekira pukul 20.00 dan 23.00 Wita, kata dia, hujan ringan hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Marangkayu, dan Muara Wis.

Pada Rabu dini hari sekira pukul 02.00 dan 05.00 Wita, hujan ringan hingga hujan petir berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Tenggarong, Kembang Janggut, Loa Kulu, Sanga-Sanga, dan Tenggarong Seberang.

“Rabu pagi sekira pukul 08.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi pada 10 kecamatan yakni Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Muara Jawa, Anggana, Kenohan, Loa Janan, Loa Kulu, Marangkayu, Samboja, dan Sanga-Sanga,” kata Henu.(Antara) 

Editor : Redaksi 

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply