Disdukcapil Goes to School, Bagikan KTP Elektronik ke Pelajar

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang mulai membagikan KTP elektronik kepada pelajar yang telah melakukan perekaman. 

Dijelaskan Kepala Disdukcapil Yuliati Nur, sebelumnya Disdukcapil telah melakukan jemput bola ke dua sekolah yakni SMA Negeri 2 Bontang dan SMK Negeri 1 Bontang. Penyerahan e-KTP ini pun diberikan kepada 21 pelajar SMA Negeri 2 Bontang yang telah melakukan perekaman dan genap berusia 17 tahun. Sementara sisanya, akan diberikan saat sudah berusia 17 tahun.

Sebanyak 151 siswa di SMA Negeri 2 melakukan perekaman, sementara di SMK Negeri 1 Disdukcapil melakukan perekaman bagi 300 pelajar. 

“Yang sudah merekam ini dari usia 16 tahun, mereka sudah tercatat di data base, nanti kalau sudah cukup umur, kita tinggal cetak e-KTP nya,” ujarnya. 

Pembagian E-KTP untuk pelajar SMA/SMK tersebut sebagai salah satu wujud partisipasi Disdukcapil dalam rangka memfasilitasi pemilih pemula, agar nantinya dapat menyalurkan hak pilihnya. Selain itu, KTP elektronik juga memiliki segudang manfaat, dan dibutuhkan dalam pengurusan segala keperluan administrasi. 

“Setelah ini akan ada beberapa sekolah lagi yang akan kami datangi sebagai sasaran jemput bola,” katanya.

Selain fokus pada pencetakan Print Record Ready (PRR) bagi pemilih pemula, Disdukcapil juga kini tengah menyelesaikan pencetakan Surat Keterangan (Suket) yang sebelumnya berjumlah sekira 1300 lembar. Adapun setiap harinya, Disdukcapil mencetak 200 KTP elektronik. 

“Kemarin kita dapat 4 ribu blangko, cukuplah untuk cetak suket ataupun warga yang ingin mengganti e-KTP karena perubahan data atau rusak,” pungkasnya.

Reporter : Yulianti Basri

Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Persiapan Resto Bontang Kuring Sambut Jokowi, Sajikan Menu Khas Bontang

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply