Dituduh Menjadi Penyebab Banjir, Ini Jawaban Perwakilan IMM

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Gerakan Masyarakat Peduli Banjir (GMPB) keras menyuarakan penyebab utama banjir yang belakangan semakin sering melanda Kota Bontang yakni akibat jeleknya reboisasi pasca pembukaan lahan tambang oleh PT Indominco Mandiri (IMM).

“Reboisasi disana (kawasan tambang IMM -red.) abal abal. Berdasarkan dokumen AMDAL jelas bahwa Indominco menyatakan arah air ke arah Bontang Kuala, jadi jangan bersembunyi dibalik rekomendasi dan PP LH ” ungkap relawan GMPB, Muhammad Shahib pada rapat bersama Pemerintah Kota Bontang, instansi terkait serta perwakilan managemen PT IMM, Selasa (25/6/2019).

Menanggapin berbagai cecaran dari GMPB, Hasto Pranowo, Head Of External Affairs PT. IMM mengatakan pihaknya akan segera melakukan touring agar dapat mengetahui secara pasti sumber masalahnya. Selain itu seluruh rekomendasi yang ditetapkan bersama akan disampaikan ke managemen, termasuk supporting anggaran.

“Akan segera kami sampaikan ke managemen, untuk selanjutnya menunggu arahan berikutnya. Dan akan kami informasikan kepada Pemerintah,” ungkapnya.

Dari pertemuan itu dihasilkan 8 putusan, yakni

  1. Membuat rekomendasi penanggulangan banjir yang berasal dari hulu.
  2. Meminta PT IMM mengerjakan normalisasi sungai di Santan Tengah.
  3. Melakukan survey rutin dalam berbagai kondisi. Normal, hujan dan saat banjir dengan catatan GMPB yang menentukan lokasi.
  4. Melibatkan GMPB dalam Satgas banjir.
  5. Meminta reboisasi dikerjakan dengan baik dan benar.
  6. Jumat bersih menjadi program berkelanjutan
  7. Satgas banjir bertugas mendorong OPD terkait untuk percepatan pembangunan bendungan.
  8. Perusahaan pertambangan siap mensupport kegiatan penanggulangan banjir yang di Hulu dan Hilir. (Mo/ KA)

Leave a Reply