Pemkot Bontang Akan Sebar Pojok Baca Di Seluruh Penjuru Kota

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Tradisi membaca buku sepertinya mulai memudar seiring perkembangan teknologi. Dimana kita bisa mengakses berbagai infomasi hanya dari gadget. Ibaratnya dunia sebatas gengaman tangan.

Tapi, keberadaan buku bacaan masih memiliki daya tarik tersendiri. Bisa dibaca kapan saja, dimana saja, tak perlu batre apalagi akses internet. Maka tidak ada alasan untuk berhenti membaca buku.

Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kota Bontang berencana menyebar pojok baca di seluruh penjuru. Mulai dari lingkungan kerja Pemkot Bontang, tempat – tempat umum hingga tempat wisata. Selain itu upaya ini merupakan salah satu indikator untuk menuju Smart City.

“Salah satu inovasinya adalah dengan menghadirkan pojok baca di tempat umum, rumah sakit, tempat wisata hingga pusat perbelanjaan,” ungkap Wakil Walikota Bontang, Basri Rase  usai Rapat Koordinasi pengembangan perpustakaan pada Kamis (27/6/2019).

Kedepan, Pemkot Bontang juga akan melakukan inovasi pada sistem peminjaman buka dengan menggunakan barcode agar lebih mudah.

“Ini upaya meningkatkan minat baca karena yang bikin malas itu kalau mau pinjam buku tapi perpustakaannya digembok atau petugasnya tidak ada,” jelas Basri.

Barcode akan merekam data lengkap, mulai dari nama peminjam buku, lama peminjaman hingga tanggal pengembalian.  

“Semua buku  ditempelkan saja barcode jadi bisa langsung muncul di layar monitor, buku apa saja, jam peminjaman dan lama peminjaman, semuanya terdata dengan baik ,”tutupnya. (JW/KA)

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by