Eks Presiden Urugay Dijuluki Pemimpin Paling Miskin, Ternyata Gajinya Buat Sedekah

KITAMUDAMEDIA – Menjadi pemimpin dari sebuah negara selalu lekat dengan gaji yang besar. Meski sudah bergaji besar, banyak sekali wakil rakyat yang masih nekat untuk korupsi. Hal sebaliknya justru terjadi pada Jose Mujica, mantan Presiden Uruguay.

Sosok Jose Mujica dijuluki sebagai pemimpin dunia paling miskin. Bukan karena negara Uruguay memberi gaji sedikit kepada Jose, melainkan Jose memberikan sebagian besar gajinya untuk disumbangkan.

Perjalanan hidup Jose-lah yang membentuknya menjadi pribadi yang sederhana. Bahkan selama ia menjabat sebagai presiden, Jose lebih memilih tinggal di rumahnya yang jauh dari kemewahan.  Jose yang mulai menjabat sebagai Presiden Uruguay sejak tahun 2010 sampai 2015 tersebut hanya mengambil 10 persen dari gajinya.

Dilansir dari kepoo.me, sebanyak 90 persen gajinya senilai 12 ribu dollar AS atau setara Rp 120 juta, didonasikan untuk kegiatan amal. Donasi tersebut diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan pengusaha kecil.

Pertama kali menjabat sebagai presiden, Jose hanya memiliki harta kurang dari Rp 10 juta. Dua tahun menjabat kekayaan Jose meningkat menjadi Rp 2 miliar dan ditambah aset-aset kekayaan istrinya.

Meski kekayaannya bertambah, tapi untuk ukuran presiden masih tergolong kecil dibanding pemimpin dunia lainnya.

 Saat masih menjabat sebagai Presiden Uruguay, Jose menolak untuk tinggal di kediaman kepresidenan. Jose lebih memilih tinggal bersama istrinya di pinggiran ibu kota. Untuk menambah penghasilan, istri Jose pun menanam bunga untuk dijual.

Saat tinggal di kediamannya yang sederhana, Jose hanya dikawal oleh 2 orang polisi dan 1 anjing pelacak. Setelah menyelesaikan tugasnya sebagai presiden, Jose kemudian terpilih menjadi senator.

Namun pada 16 Agustus tahun lalu Jose memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatanya. Gaya hidup Jose terlampau sederhana. Jose mengungkapkan dengan kesederhanaan adalah caranya menikmati hidup.

“Hampir seluruh hidup saya habiskan dengan cara seperti ini. Saya bisa hidup baik dengan apa yang saya miliki saat ini,” ujar Jose.

Editor : Zee

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by