4 Asupan Anti Penuaan Dini

KITAMUDAMEDIA – Tiap orang rasanya ingin tetap terlihat awet muda. Salah satu tanda Anda tak terlihat tua adalah kulit wajah. Kalau kulit Anda terlalu sering terpapar sinar matahari akan menyebabkannya menua lebih cepat.

Bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan, tentu sulit untuk menghindarinya. Tapi tak usah khawatir. Masih ada cara lain untuk membuat kulit tetap awet muda. Selain menjaga keawetan kulit adalah dengan mengatur pola makan.

Ternyata beberapa jenis asupan yang kita makan bisa membantu menghambat penuaan dini sekaligus menjaga kesehatan kulit. Ada sejumlah makanan yang biasa kita konsumsi ternyata mengandung sedikit kolagen dan berbahaya bagi kulit.

Dilansir dari dream.co.id, ada empat makanan yang harus dihindari, beserta penggantinya yang bisa membuat Anda terhindar dari penuaan dini. Apa saja?

Kentang Goreng
Kentang goreng termasuk makanan favorit banyak orang. Dan tentunya tidak cukup hanya makan sedikit.Biasanya makanan yang mudah dijumpai di banyak restoran ini disajikan dengan olahan garam dan minyak. Dua bahan makanan itu tentu dapat mempercepat penuaan.

Makanan yang digoreng bisa merusak sel kulit karena memproduksi radikal bebas. Kalau terlalu banyak mengonsumsi kentang goreng bisa membuat kulit Anda mudah mengendur. Anda sebaiknya mengganti kentang goreng dengan sweet potato fries yang lebih sehat dan membantu produksi kolagen.

(Sumber Foto: yp.scmp.com)

Gula Putih
Banyak makanan dan minuman yang memakai gula. Padahal gula telah teruji menyebabkan beruntusan, jerawat serta penuaan dini.

Daripada mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung banyak gula maupun es krim, lebih baik Anda menggantinya dengan buah-buahan serta cokelat hitam maupun makanan serta minuman yang rendah gula.

Roti Putih
Siapa yang tak suka roti putih atau roti tawar putih? Roti putih sangat mudah ditemukan di setiap rumah. Namun, campuran karbohidrat dan protein bisa menyebabkan penuaan dini, peningkatan potensi penyakit kronis.

Baca Juga  Keren! Lulus S2 Dengan Predikat Cumlaude, Driver Ojol Ini Bakal Lanjut Ke S3

Makanan yang biasa dijadikan sarapan pagi punya kandungan glikemik indeks sangat tinggi dan bisa meningkatkan risiko peradangan pada kulit. Sebaiknya ganti roti putih dengan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan lain-lainnya yang kaya akan antioksidan serta bermanfaat untuk kulit.

Margarin
Riset membuktikan seseorang yang membatasi konsumsi margarin atau mentega memiliki masalah kulit dan kerutan lebih sedikit daripada yang mengonsuminya dalam jumlah banyak. Margarin seperti mentega punya kandungan hydrogenated oil yang sangat tinggi.

Kandungan tersebut membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV dan menyebabkan kolagen serta elastisitas kulit berkurang.Pilihlah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti alpukat dan minyak zaitun, agar Anda terhindari dari penuaan dini.

Sumber : Liputan6.com

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply