Simental, Sapi Terbesar Di Bontang Seharga 58 Juta

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Sapi, salah satu hewan kurban yang banyak diburu saat Idul Adha menjelang. Para pedagang musiman pun bermunculan di pinggir jalan protokol, berbagai ukuran disediakan, mulai sapi berbadan kecil, sedang hingga jumbo.

Di salah satu kandang pendagang sapi kurban, terdapat seekor sapi berukuran jumbo dengan berat hampir 1 Ton. Sapi potong berbadan besar dan berkulit putih tersebut merupakan sapi Simental, mirip dengan sapi Limosin.

Sapi jantan asal Sinjai, Sulawesi Selatan ini berusia sekira 5 tahun dengan bobot 930 Kilogram.

Mudai, pedagang sapi kurban di jalan KS. Tubun Kelurahan Api – api, Kecamtan Bontang Utara, mengatakan simental dijual seharga 58 juta rupiah.

” Cuma ada satu ekor sapi simental yang dijual, walaupun ini (simental) termasuk ukuran nomor 3 tapi untuk seluruh Bontang, sapi ini yang paling besar,” ungkapnya.

Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKPPP) saat mengukur bobot sapi simental.

Sejarahnya, sapi simental yang merupakan salah satu jenis sapi potong kualitas unggul dengan harga jual tinggi ini berasal dari negara Switzerland tepatnya di daerah Simme, dan sudah berkembang di Benua Eropa dan Amerika. Sapi Simental merupakan hasil persilangan dari sapi Jerman dan sapi kecil asli Swiss. Itu sebabnya di Indonesia, sapi jenis ini diberi nama sapi simental atau biasa disebut sapi mental. Di Jerman jenis sapi ini disebut sapi Fleckvieh, dan di Prancis disebut Pie Rouge.

Karakteristiknya memiliki bulu berwarna merah bata, pada bagian lutut dan kepala berwarna putih, merupakan jenis sapi perah, untuk bobot sapi simental jantan dewasa bisa mencapai sekitar 1150 kilogram dan bobot sapi betina dewasa sekitar 800 kilogram. (APL/KA)

Leave a Reply