Tingkatkan SDM Pencari Kerja, 20 Pencari Kerja Diikutkan Pelatihan Di Serang & Bandung

KITAMUDAMEDIA, Bontang – 20 calon tenaga kerja asal Bontang mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu di Balai Latihan Kerja (BLK) kota Serang dan BLK Bandung. Mereka akan mengikuti pelatihan di bidang kelistrikan, manufaktur dan pengelasan.

20 orang yang telah diseleksi oleh Dinas Ketenagakerjaan melalui tes tertulis dan wawancara tersebut, dilepas langsung oleh Wali Kota Neni Moerniaeni, Selasa (15/10) di Rumah Jabatan Wali Kota. 

Pelatihan seperti ini menurut Wali Kota Neni Moerniaeni sangat penting dilakukan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. 

“Usai pelatihan para peserta harus tetap mendapat pendampingan dan diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan, tidak terputus pada pelatihan saja, tapi endingnya mereka bisa mandiri” pungkasnya.

Lebih lanjut Neni menambahkan, di era 4.0 ini, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu komponen penting, salah satunya lewat pelatihan seperti ini. 

“Kalau kita bicara tentang smart, bagian dari smart city bukan hanya IT, tetapi masyarakatnya juga harus cerdas,” tambahnya.  

Sementara, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ahmad Aznem menyebut, peserta pelatihan bidang elektrikal dan pengelasan akan diberangkatkan pada Minggu (20/10), sedangkan bidang teknik manufaktur baru akan berangkat satu hari setelahnya, (21/10). 

“Ada inovasi baru yang telah kami siapkan untuk meningkatkan potensi dan SDM para pencari kerja, melalui pelatihan, sertifikasi, pemagangan dan penempatan. Dan semua yang kita lakukan itu tanpa menggunakan dana APBD, melainkan menggandeng serta perusahaan di Bontang,” katanya. (Zee/KA)

Leave a Reply