Berbahaya, Jembatan di Bontang Kuala Nyaris Ambruk

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kondisi jembatan penghubung di kawasan RT 12 dan RT 20 Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara kian memprihatinkan.

Jembatan tersebut hanya terdiri dari susunan tiga papan kayu. Kondisi diperparah dengan pegangan menggunakan balok dan kayu seadanya yang hanya berada di satu sisi. Paku perekatnya pun sudah tak kuat menahan papan kayu yang ditopang beberapa balok setinggi 5 meter.

Jangankan untuk dilewati kendaraan, warga yang hendak melintas pun harus dibuat sabar lantaran harus bergantian melewati jembatan yang dibuat dengan modal swadaya masyarakat setempat. Jika tak hati-hati, warga yang melintas bisa terjungkal dan jatuh ke dalam air yang berada di bawah jembatan.

Ketua RT 12, Rida Rohani khawatir, jika terus dibiarkan, akan semakin banyak warganya yang menjadi korban.

“Sudah banyak anak-anak yang sering jatuh disini. Apalagi kalau hujan jembatannya jadi licin. Khawatirnya, kalau ada yang jatuh dan air pasang. Apalagi pas sepi, tidak ada yang tolong,” katanya.

Terdapat 10 rumah yang sehari-harinya harus melewati akses jembatan kayu yang memprihatinkan tersebut. Menurut Rida, sudah sering kali warga setempat mempertanyakan pembangunan jembatan itu.

Sebelumnya, pembangunan jembatan sempat terealisasi tepatnya pada 2017 lalu, namun dari permintaan warga sepanjang 250 meter, yang dikerjakan hanya sepanjang 40 meter. Akibatnya, warga terpaksa menyambung jembatan tersebut dengan kondisi seadanya.

Sementara Lurah Bontang Kuala, Rony memaparkan belum mengetahui ada laporan jembatan yang belum tersambung di wilayah RT 12 dan 20 Kelurahan Bontang Kuala.

“Laporan dari RT secara keseluruhan bukan itu saja, karena yang rusak banyak. Tapi semoga tahun depan bisa dilanjutkan pembangunannya,” katanya. (Yulianti Basri/KA)

Leave a Reply

Hi Kawula Muda
Powered by