Tunjang Pelayanan, Tahun Ini Disdukcapil Dapat Bantuan Mobil Layanan Keliling

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Tahun 2020 ini masih ada saja masyarakat yang belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), padahal itu dibutuhkan dalam mengurus berbagai kepentingan administrasi kependudukan.

Dari 124.876 warga wajib KTP, hingga kini masih terdapat sekitar 513 warga Bontang yang belum sama sekali melakukan perekaman. Jumlah tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Bontang.

“Masih ada 1 persen yang belum melakukan perekaman e-KTP,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Yuliati Nur.

Guna menunjang pelayanan kepada masyarakat, pada tahun ini Disdukcapil juga akan mendapatkan bantuan mobil untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP keliling.

“Biar lebih mudah menjalankan dan mendukung program yang ada di Disdukcapil, utamanya jemput bola,” sebutnya.

Nantinya, mobil pelayanan keliling tersebut akan dilengkapi dengan alat rekam dan cetak e-KTP. Mobil beserta alat kelengkapannya itu merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kepada 10 kabupaten/kota di Kaltim. Disdukcapil Bontang sendiri sebelumnya telah mengusulkan pengadaan mobil tersebut sejak tahun 2019 lalu.

“Kalau mobil masuk anggaran tahun ini, sementara alat kelengkapannya tahun 2019, tapi baru akan diserahkan bersamaan,” tambahnya.

Tidak ada jadwal khusus yang dibuat Disdukcapil. Melainkan menyesuaikan kebutuhan di setiap kecamatan yang membutuhkan. Sebelumnya, Disdukcapil juga rutin melakukan upaya jemput bola baik di kecamatan, atau di tempat-tempat keramaian.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Sepekan Banjir Tak Kunjung Surut di Bengalon, 7 Desa Terdampak

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply