Menlu: 245 WNI dan 5 Tim Pendahulu Dijemput dari Wuhan

KITAMUDAMEDIA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melepas 42 relawan atau tim evakuasi untuk menjemput ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Untuk hari ini, melepas tim penjemput saudara-saudara kita yang alhamdulillah semua dalam kondisi sehat, untuk bisa keluar dari Wuhan dan tempat lain di Provinsi Hubei,” kata Menlu Retno di ruang VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020). 

Dia mengatakan, semua WNI yang dijemput dalam keadaan sehat dan sudah melewati masa screaning dan clearing terlebih dulu di Wuhan.

“Total ada 245 WNI yang dijemput, ditambah dengan 5 tim pendahulu yang sudah berada di Wuha,” kata Retno.

Pelepasan tim evakuasi pun dilakukan dengan cara pemasangan ban bendera merah putih di masing-masing lengan relawan, kemudian Menlu, Panglima TNI serta Menkes, mengantar langsung para relawan ke pesawat Batik Air dengan menumpang Airbus 330.

“Kami berpesan, untuk yang berangkat tetap semangat. Kita harus sehat, pulang juga sehat. Semoga kita terus diberkahi,” ujar Retno.

42 Orang Penjemput

Total tim evakuasi yang berangkat adalah 42 orang. Terdiri dari petugas dari TNI, Kemenlu, Kemenkes, dan kru maskapai Lion Group.

Tim pun dilengkapi dengan berbagai perlengkapan pelindung diri, termasuk masker dan baju ala astronot untuk menjemput. (Lip.6)

Leave a Reply