Sigap Tanggapi Info Kebakaran, Disdamkartan Malah Kena Tipu

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Ada saja ulah oknum yang jahil dengan memberikan kabar telah terjadi kebakaran di suatu tempat, yang nyatanya hanyalah informasi bohong atau hoaks. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) yang memiliki motto “pantang pulang sebelum padam” pun dengan sigap turun ke lapangan, Rabu siang (12/2/2020). Bahkan, Disdamkartan menurunkan dua armadanya, namun sayangnya setelah dicek, tidak ada kebakaran di lokasi seperti yang dilaporkan oleh oknum tak bertanggung jawab tersebut.

Kepala Disdamkartan melalui Komandan Pleton (Danton) Disdamkartan Norman, menyebut pihaknya menurunkan dua armada fire truck, satu dari pos Loktuan, dan satu lagi dari kantor Disdamkartan, dengan jumlah personil sebanyak 6 orang. Namun sesampainya disana, ternyata kebakaran yang dikabarkan tidak ada.

“Petugas sudah menyisir di sekitar lokasi, tetapi tidak ada kebakaran di sana. Hal seperti ini tentu sangat kami sayangkan. Padahal petugas kami telah merespon cepat kabar ini,” ujar Norman.

Dikatakan Norman, pihaknya mendapatkan info melalui via telepon bahwa terjadi kebakaran di RT 22 Kelurahan Loktuan Kecamatan Bontang Utara. “Tapi bagaimana pun kita mencoba untuk cepat tanggap, memang kita ada SOP ketika menerima telepon, ini tadi kurang jelas, langsung ke lapangan,” ujarnya.

Terakhir, Disdamkartan juga pernah menerima informasi hoaks pada tahun 2019 lalu.

“Jangan main-main dengan info kebakaran, karena sifatnya emergency, bisa membuat masyarakat resah dan panik,” pintanya.

Senada, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ahmad Yani menyebut bahwa pihaknya juga menurunkan personilnya untuk mengecek informasi kebakaran tersebut, namun sama halnya dengan Disdamkartan, ternyata nihil.

“Kami sudah di lapangan, tapi tidak apa-apa,” tandasnya.

Reporter : Yulianti Basri

Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply