Diduga Sengaja Dibakar, 4 Hektar Lahan di Bontang Lestari Hangus

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Kebakaran lahan kembali terjadi di sekitar Jalan Soekarno Hatta Bontang Lestari, Minggu (1/3/2020) sekira pukul 11.15 Wita.

Kebakaran yang menghanguskan hampir 4 hektar lahan, yakni 3 hektar di sisi kiri jalan dan sebelah kanan jalan hampir mencapai satu hektar tersebut diduga akibat ulah warga yang membersihkan lahan di belakang pondok miliknya.

Tim rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mirsal menyebut, informasi kebakaran lahan awalnya diperoleh dari tim yang bertugas di Pulau Beras Basah, yang melihat asap tebal dari arah Bontang Lestari. Kemudian pihaknya melakukan penelusuran dan mendapati titik api.

“Alang-alangnya terbang, terus nyebrang ke sebelah, sampai akhirnya api semakin membesar,” ungkap Mirsal.

Selanjutnya, BPBD melaporkan kejadian ini kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepolisian, untuk ditindaklanjuti.

“Yang bersangkutan dua orang sudah dibawa kepolisian, untuk dimintai keterangan,” ujarnya.

Senada, Babinsa Bontang Lestari Sertu Darman mengatakan, kebakaran lahan ini diduga terjadi karena adanya unsur kesengajaan.

“Kuat dugaan seperti itu. Tapi kita belum tahu siapa pelakunya, apakah orang yang ditemui petugas saat titik apa belum membesar, atau pun siapa, kita serahkan ke kepolisian,” tandasnya.

Diketahui, selama Januari hingga Februari telah terjadi sebanyak 13 kebakaran lahan, dua diantaranya masuk dalam wilayah Kutim, namun turut ditangani oleh Tim Damkar dan BPBD Bontang.

Hingga berita ini diturunkan, redaksi kitamudamedia.com belum mendapat jawaban dari pihak kepolisian perihal dipanggilnya dua warga, atas kebakaran lahan tersebut.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply