Bersihkan Kapal, Nelayan Loktuan Dicabik Buaya

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Seorang warga RT 5 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Kamis (26/3/2020) sekira pukul 18.00 Wita diserang buaya. Ramli (40) yang sehari-harinya bekerja sebagai nelayan, kala itu tengah membersihkan kapalnya.

Buaya berukuran sekira 3 meter, tiba-tiba menyambarnya dari samping. Menurut Bhabinkamtibmas Loktuan Aipda Ahmad Bajuri, akibat kejadian itu, korban mengalami luka cabik pada paha belakang bagian kanan dan kiri.

“Lagi bersih-bersih kapal, posisinya lagi jongkok, tiba-tiba diterkam,” ujarnya.

Sempat melawan, hewan predator tersebut akhirnya berhasil lepas dan terbentur kayu. “Pas lepas, dia langsung lari naik ke atas,” katanya.

Ramli kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Pupuk Kaltim untuk mendapatkan perawatan medis, ia mendapatkan sejumlah jahitan. Meski begitu, ia kini telah diperkenankan untuk kembali pulang ke rumah.

Bajuri meminta kepada masyarakat agar lebih berhati-hati, mengingat diperkirakan terdapat beberapa buaya yang masih berkeliaran di perairan Loktuan.

“Nanti ada rencana untuk tangkap buayanya, dan diserahkan ke TNK untuk direlokasi ke tempat yang jauh dari pemukiman,” ujarnya.

Sebelumnya, 3 tahun yang lalu tak jauh dari lokasi kejadian, tepatnya di RT 4 Kelurahan Loktuan turut diamankan seekor buaya berukuran 2,5 meter.

Diketahui, beberapa kali buaya kerap muncul di pemukiman warga. Bahkan seorang bocah Warga RT 18 Kelurahan Loktuan mendapat luka serius akibat diterkam buaya pada, Senin (13/1/2020) lalu.

Terakhir, buaya berukuran 3 meter juga diamankan dari kawasan golf Bukit Sintuk RT 25 Loktuan, pada Kamis (12/3/2020).


Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply