Tentang Meningitis, Penyakit Yang Renggut Nyawa Glenn Fredly & Olga Syahputra

KITAMUDAMEDIA – Penyakit meningitis merenggut beberapa para artis tanah air. Masih melekat dalam ingatan, almarhum Olga Syahputra meninggal dunia karena meningitis. Hampir lima tahun lalu, kabar wafatnya Olga Saputra juga membuat masyarakat Indonesia terkejut. Diketahui, saat itu beredar kabar bahwa Olga sering diserang pusing mahadahsyat yang membuatnya kerap menangis histeris.

Kali ini, meningitis menimpa penyanyi Glenn Fredly. Kabar kepergian Glenn Fredly untuk selamanya tersiar pada hari Rabu 8 April 2020 pada pukul 18.00 WIB.

Kawula muda, meningitis merupakan peradangan pada meninges. Meninges adalah tiga selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis terjadi ketika cairan di sekitar meninges terinfeksi.

Penyebarannya dapat terjadi melalui kontak jarak dekat, batuk, bersin, atau lingkungan yang tidak higienis. Bila tidak ditangani dengan tepat, meningitis dapat menyebabkan komplikasi yang sangat buruk, seperti kerusakan pada otak atau gangguan pendengaran.

Seorang penderita meningitis akan mengeluh adanya nyeri kepala, demam dan penurunan kesadaran. Gejala meningitis dapat serupa dengan infeksi virus biasa, seperti demam tinggi. Selain itu, pasien meningitis sering mengeluh adanya sakit kepala, adanya kekakuan pada leher, penurunan kesadaran, muntah, dan kejang.

Penyebab meningitis paling umum disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Sementara penyebab lainnya seperti alergi obat, jamur, iritasi kimia, dan kanker.

Jika dicurigai penyebab dari meningitis adalah bakteri, maka dapat diberikan obat-obatan antibiotik. Untuk perawatan yang optimal, penderita meningitis sebaiknya dirawat di rumah sakit.

Penyakit ini juga paling sering disebabkan oleh virus. Namun dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur. Radang selaput otak akibat virus cenderung tidak terlalu parah dan kebanyakan orang sembuh sepenuhnya tanpa pengobatan. Meskipun beberapa kasus bisa sembuh dalam beberapa minggu, pada beberapa kasus lain dapat mengancam jiwa.

Sumber : Beritasatu.com

Leave a Reply