Balita Kakak Beradik yang Terpapar Covid-19, Boleh Diasuh Orang Tua di Ruang Isolasi

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Dua balita yang terjangkit Covid-19 yakni 18BTG dan 19BTG yang masih berusia belia, 2 tahun dan 4 tahun kini menjalani isolasi di RSUD Taman Husada Bontang. Mereka ditempatkan dalam satu kamar.

Mereka dinyatakan positif corona, Jumat (17/7/2020). Kepala Dinas Kesehatan Kota Bontang, dr Bahauddin menyebut jika penanganan medis kepada pasien balita ini sedikit berbeda.

“Sebetulnya sama saja dengan pasien lain, hanya saja ini kan masih bayi, jadi tidak mungkin dibiarkan sendirian, ada pendampingan,” ujarnya saat menggelar video conference bersama awak media.

Orang tua balita itu tetap diizinkan untuk menemani anaknya saat di ruang isolasi. Selama pendampingan, orang tua 18BTG dan 19BTG wajib mengenakan alat pelindung diri (APD). Bahauddin menyebut Tim Gugus telah memberikan perlindungan diri baik berupa hazmat, vitamin, dan kebutuhan penunjang lain agar tidak terpapar Covid-19.

“Yang jaga mereka bapaknya, karena ibunya jaga bayi, mereka ada adik juga usia 7 bulan,” ungkapnya.

18BTG dan 19BTG Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari Trenggalek Jawa Timur. 25 Juni 2020, 18BTG dan 19BTG kembali ke Bontang, diantar oleh sang kakek. Selanjutnya, 27 Juni ditambahkan Bahauddin, ada kunjungan keluarga yang memiliki riwayat perjalanan dari Balikpapan.

“Setelah kunjungan itu, bayi 18BTG demam, batuk dan flu, sementara 19BTG bersin-bersin,” bebernya.

8 Juli 2020, 18BTG, 19BTG, dan sang kakek menjalani rapid test. Kakek dan 19BTG hasilnya non reaktif, sementara 18BTG reaktif.

“Keesokannya dilakukan swab, dua-duanya hasilnya positif, kakeknya negatif,” ujarnya.

Kini, terdapat 3 pasien anak di Bontang yang terkonfirmasi positif corona. Seluruhnya dirawat di RSUD Taman Husada Bontang.

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  Warga BTN PKT Ciptakan Face Shield, Untuk APD Tenaga Medis

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply