Gegara Keluarga Minta Pasien Dibawa Pulang, 11 Orang Positif Covid-19 di Sidrap

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Gugus Tugas Covid-19 menyebut adanya klaster baru di Bontang. Klaster baru tersebut yakni Sidrap. 11 orang dinyatakan positif. Selanjutnya disebut sebagai 368BTG sampai 378BTG.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bontang dr Bahauddin, sebelumnya ada satu pasien yang dirawat di rumah sakit dengan gejala Covid-19 tepatnya pada 30 Agustus lalu. Ia mengalami keluhan dada dan tenggorokan panas, sesak, nyeri ulu hati, dan demam selama 5 hari. Ia juga mengalami gejala pneumonia. Ia juga memiliki penyakit penyerta diabetes, hipertensi, dan asam urat.

Namun belum juga hasil swab keluar, 1 September 2020 pukul 02.20 Wita, keluarga meminta untuk dibawa pulang ke rumah. Empat jam berselang, 291BTG meninggal dunia.

“Di hari yang sama kami baru menerima hasil, kalau yang bersangkutan positif Covid-19. Selama empat jam, perempuan 71 tahun yang disebut sebagai 291BTG kontak erat dengan 32 keluarganya,” ungkapnya.

Dari tracing yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19, Sabtu (12/9/2020) menerima laporan adanya 11 orang terkonfirmasi positif dari klaster Sidrap. Seluruhnya merupakan keluarga 291BTG.

Saat ini ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bontang, Gugus Tugas masih melakukan tracing di wilayah tersebut, termasuk kepada mereka yang melakukan kontak erat dengan pasien meninggal dunia.


Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Leave a Reply