HUT ke-210 Kota Bandung Tanpa Karnaval di Jalan

KITAMUDAMEDIA – Kota Bandung menginjak usia 210 tahun tepat pada Jumat, 25 September 2020. Peringatan hari kelahiran Kota Bandung kali ini tanpa ada pesta jalanan (karnaval) seperti tahun sebelumnya. Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung, Asep Saeful Gufron, pertimbangan tidak membuat acara berskala besar untuk menghindari terjadi kerumunan yang bisa memicu penularan virus corona (Covid-19). “Masyarakat biasanya merayakan hari jadi Kota Bandung dengan lomba, karnaval. Tetapi karena khawatir terjadi kerumunan massa, maka ditiadakan. Nanti takutnya malah jadi ada klaster. Mudah-mudahan tetap tidak mengurangi khidmat peringatan hari jadi Kota Bandung,” tutur Asep dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (25/9).

Asep menuturkan, peringatan ulang tahun Kota Bandung diawali dengan peluncuran logo resmi pada awal September lalu. Kemudian, ziarah ke makam leluhur para pendiri Kota Bandung pada Selasa 22 September. “Karena masih Covid-19, sekarang ziarahnya tidak ke semua makam. Hanya makam leluhur di Dalem Kaum dan Karanganyar. Biasanya dilanjut ke Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Tapi tidak mengurangi rasa khidmat, kalau mendoakan itu tidak harus datang, dari dari jauh juga bisa,” ujarnya. Untuk acara puncak, Asep menyebut tetap ada upacara peringatan pada 25 September. Namun, mengingat situasi di tengah pandemi maka peserta upacara pun dibatasi. Yaitu hanya untuk pimpinan daerah dan sejumlah kepala dinas atau badan.

Sementara untuk kepala bagian, camat dan lurah, Asep menyebut, hanya mengikuti upacara di Balai Kota secara daring. “Setelah upacara ada kegiatan Pak Wali untuk membuka selubung foto wali kota di Taman Sejarah. Beliau akan meluncurkan ada mural. Setelah itu, dari sana menuju gedung DPRD untuk mengikuti rapat paripurna istimewa,” tutur Asep. “Di sana juga tidak semua diundang. Anggota dewan yang terhormat sebagian ada yang mengikuti secara virtual,” kata dia menambahkan.

Baca Juga  Pemkab Kutim bersama DPPKB Ambil Langkah Byata Percepetan Stunting¬†

Peristiwa Hari Jadi Kota Bandung

Peristiwa hari jadi Kota Bandung ditandai dengan surat keputusan Gubernur Jenderal Hindia-Belanda, Herman Willem Daendels pada 25 September 1810. Keputusan tersebut terkait dengan pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan Bandung. Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal JB van Heutsz pada 1 April 1906 dengan luas wilayah waktu itu 900 hektare.

Selanjutnya, luas Kota Bandung bertambah menjadi 8.000 hektare pada tahun 1949. Saat ini, Kota Bandung menjadi Ibu Kota Jawa Barat yang memiliki luas lahan sebesar 167.67 kilometer. Kota Bandung kini dipimpin Wali Kota Oded M. Danial bersama Wakil Wali Kota Yana Mulyana. Oded meneruskan kepemimpinan Ridwan Kamil yang sekarang menjadi Gubernur Jawa Barat. (CNN)

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply