Manfaat Meditasi yang Terbukti Secara Ilmiah

KITAMUDAMEDIA – Pandemi Covid-19 membuat meditasi semakin populer. Tak hanya bisa meredakan stres terdapat sejumlah manfaat meditasi yang terbukti secara ilmiah.

Meditasi adalah proses mengarahkan dan memfokuskan pikiran pada kondisi saat ini. Cara paling mudah untuk melakukan meditasi adalah dengan duduk tenang lalu fokus pada pernapasan. Meditasi juga bisa dilakukan bersama dengan olahraga yoga.

1. Meredakan stres

Studi menunjukkan, meditasi terbukti dapat meredakan sejumlah gejala terkait stres. Meditasi membantu menenangkan tubuh dan pikiran.

Dalam meta-analisis yang melibatkan 1.300 orang dewasa, meditasi terbukti dapat mengurangi kecemasan.

2. Meningkatkan kemampuan diri

Meditasi juga membantu meningkatkan kesadaran diri sehingga membuat seseorang lebih memahami diri sendiri. Efeknya, seseorang mampu meningkatkan kemampuan diri dan berkembang menjadi versi terbaik dari dirinya.

3. Mengontrol rasa sakit

Ibarat obat, meditasi juga terbukti dapat mengontrol rasa sakit. Studi pada 3.500 orang menemukan, meditasi dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi sensasi nyeri.

4. Menurunkan tekanan darah

Meditasi dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi tekanan pada jantung dan merelaksasikan pembuluh darah. Studi meta-analisis mendapati, meditasi efektif mengurangi tekanan darah.

5. Meningkatkan fokus

Meditasi membuat seseorang memiliki kekuatan fokus dan daya tahan yang lebih tinggi.

Studi menunjukkan, orang yang meditasi mengalami peningkatan perhatian dan akurasi dalam menyelesaikan tugas dibandingkan yang tidak.

6. Meningkatkan daya ingat

Selain fokus, meditasi juga meningkatkan kemampuan mengingat. Studi menemukan bahwa meditasi dapat memperbaiki sebagian ingatan pada orang dengan demensia.

7. Memunculkan rasa cinta

Beberapa jenis meditasi juga dapat memunculkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Beberapa jenis meditasi dapat meningkatkan perasaan dan tindakan positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Meta-analisis dari 22 studi menunjukkan, meditasi dapat meningkatkan welas asih seseorang pada diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga  Cara Agar Konsisten Diet Sampai Mencapai Target

8. Mengatasi kecanduan

Meditasi juga dapat membantu melawan kecanduan atau perilaku adiktif seperti merokok, menonton porno, dan penggunaan obat-obatan.

Penelitian mengindikasikan meditasi membuat seseorang dapat mengalihkan perhatian, mengelola emosi, dan meningkatkan pemahaman sebab-akibat sehingga mencegah kecanduan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan meditasi secara rutin setiap hari. (CNN)

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply