Pleno Kota Selesai, Basri-Najirah Menangi Pilkada Bontang

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang mengumumkan pasangan nomor urut 1, Basri Rase dan Najirah memenangkan Pilkada Bontang. Hal ini diumumkan dalam rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota, Rabu (16/12/2020).

Pasangan nomor urut 01 memperoleh suara 45.164 sementara rivalnya pasangan nomor urut 02 mengantongi 40.792. Selisih 4.372 suara. Adapun jumlah surat suara yang digunakan 87.550, terinci surat suara sah 85.956 dan tidak sah 1.594.

KPU Bontang menunggu selama satu pekan ke depan untuk memastikan ada tidaknya gugatan dari paslon ke Mahkamah Konstitusi. “Apabila ada keberatan di yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi, maka penetapan calon wali kota dan wakil wali kota menunggu keputusan inkrah dari sana,” ujar Ketua KPU Bontang Erwin.

“Kalau tidak ada gugatan maka kami akan melakukan pleno penetapan pemenang Pilkada tahun 2020,” lanjut dia.

Sebelumnya, KPU juga telah melakukan pleno di tingkat kecamatan. Dua kecamatan dikuasai Basri-Najirah yakni Bontang Selatan dan Bontang Barat. Sementara Neni-Joni menang tipis di Kecamatan Bontang Utara dengan selisih 141 suara.

Diketahui, Pilkada Bontang diikuti oleh dua pasangan calon. Basri-Najirah hanya diusung dua partai PDIP dan PKB. Sementara, Neni Moerniaeni dan Joni Muslim maju dengan dukungan 8 partai politik yang duduk di parlemen, yakni partai Golkar, Nasdem, PKS, Gerindra, PAN, PPP, Hanura, Berkarya. Serta partai non parlemen meliputi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Demokrasi Rakyat (Demokrat) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply