Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Ampuh

KITAMUDAMEDIA – Ada beragam masalah penyebab rambut rontok, mulai dari masalah kekurangan vitamin, stres hingga faktor usia. Buat kamu yang sudah mengalami tanda-tanda kerontokan, seperti rambut yang terlepas saat kamu keramas, yuk coba cegah dan obati!

Ketika bangun tidur, kita mendapati beberapa helai rambut kita di bantal. Selain itu, ketika kita keramas dan membilasnya, juga terdapat beberapa helai rambut yang hanyut dan berakhir di penyaring air. Bagi sebagian orang, kerontokan menimbulkan kecemasan dan mengganggu pikiran kita.

Jika dikenali dari sifatnya, kerontokan ada yang bersifat sementara maupun permanen. Penyebabnya bisa dari akibat faktor keturunan, perubahan hormonal, kondisi medis atau bagian normal dari penuaan. Namun, normalnya orang mengalami rambut rontok setidaknya 100 helai per harinya.

cara untuk mengatasi kerontokan rambut. Berikut rinciannya:

  1. Minyak kelapa
    Jika kamu punya kulit kepala berminyak, kamu bisa menggunakannya beberapa jam sebelum keramas. Minyak kelapa sudah dipercaya turun-temurun mengurangi rambut rontok. Gak hanya itu, juga bisa membuat rambutmu berkilau.
  2. Protein
    orang yang mengalami rambut rontok mencatat bahwa beberapa orang mengalami kekurangan nutrisi, termausk asam amino yang berfungsi sebagai penyusun protein. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar orang-orang tersebut mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Adapun contohnya seperti telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan kacang polong, ikan, produk susu rendah lemak, ayam, dan daging kalkun.
  3. Vitamin A
    Vitamin A terdiri dari retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin A juga dapat membantu memproduksi sebum, menjaga kulit kepala lebih sehat dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut.
  4. Ginseng
    Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Biasanya pada sampo anti rontok atau tonik rambut juga disebut menggunakan ekstrak ginseng. Untuk penggunaan suplemen ginseng atau produk yang menggunakan bahan ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  5. Keramas secara teratur
    Mencuci rambut setiap hari dapat melindungi rambut rontok dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo dengan kandungan yang ringan. Sebab, formula sampo yang lebih keras dapat membuat rambut kering, patah dan menyebabkan rontok.
  6. Minyak zaitun
    Selain minyak kelapa, minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengatasi rambut yang rontok. Miyak zaitun mampu untuk melembabkan rambut, melindungi rambut dari kekeringan dan kerusakan yang terkait. Ia juga memiliki bahan utama dalam diet Mediterania, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik. Penggunaannya yakni oleskan secukupnya saja pada rambut secara langsung dan biarkan selama 30 menit sebelum melakukan keramas. (Redaksi)
Baca Juga  Pendakian ke Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh Dibuka

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply