Pedagang Pasar Citramas Loktuan akan Direlokasi Sementara ke Area Parkir

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pedagang Pasar Citramas Loktuan yang merupakan korban kebakaran akan segera direlokasi ke area sementara.
Rencana tersebut dibahas dalam rapat bersama pemerintah Kota Bontang pasca kebakaran, Rabu siang (10/02/2021).

Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase memastikan pemerintah akan bergerak cepat untuk memindahkan para pedagang ke lapak sementara, agar aktivitas jual beli bisa kembali berjalan.
“ Segera kita siapkan lapak sementara sebagai rencana jangka pendek. Jangka panjangnya nanti kita relokasi ke bangunan pasar baru,” jelas Basri Rase.

Ditambahkan, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Bontang, Asdar Ibrahim, ada dua alternatif yang bisa dilakukan, yakni membangun lapak sementara di area parkir dan menggunakan kembali lapak yang masih bisa dipakai.

“ Kita sedang koordinasi untuk tenda sementara. Ada dua opsi, bangun lapak sementara di lahan parkir dan kita pakai lagi lapak yang selamat dari api,” paparnya.

Sterilisasi lokasi rencananya akan dilakukan setelah proses penyidikan dan olah TKP dari pihak kepolisian selesai. 

“ Secepatnya kita bersihkan lokasinya, cuma harus menunggu penyelidikan polisi selesai dulu, tapi mudahan besok bisa mulai dikerjakan,” ungkap Kadis Perindagkop Bontang.

Rencana jangka panjangnya adalah relokasi pedagang ke bangunan baru pasar Citramas. Asdar mengatakan pihaknya akan segera membentuk panitia pengundian lapak dan menyelesaikan beberapa pekerjaan yang belum rampung, seperti instalasi air dan eksisting pembuangan limbah.

“ Kita percepat semuanya, panitia pengundian akan mulai dibentuk, dan beberapa pekerjaan akan segera diselesaikan, seperti instalasi air, eksisting limbah. Targetnya mudahan sebelum puasa 596 pedagang bisa mengisi pasar baru,” jelas Asdar.

Sementara disinggung berapa lama proses penyidikan, Kapolres Bontang, AKBP Hanifa Martunas Siringoringo mengatakan pihaknya tengah melakukan olah TKP, mengumpulkan keterangan saksi dan mengidentifikasi barang – barang yang berpotensi menjadi sumber api.

Baca Juga  Jalan Depan SMPN 7 Dapat Perbaikan, Masuk Proses Lelang Digelontor Rp 1,5 M

“ Kita upayakan secepatnya selesai, baru kita sampaikan penyebabnya ke masyarakat,” ujar Kapolres Bontang. 

Reporter : Lia 
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply