Cara Membuat Rumah Wangi Tanpa Pewangi Ruangan

KITAMUDAMEDIA – Aroma yang harum di rumah membuat siapa pun yang berada di dalamnya merasa nyaman. Beberapa cara bisa dilakukan untuk membuat rumah segar dan wangi sepanjang waktu tanpa perlu sibuk menyemprotkan cairan pewangi ruangan.

Kebersihan tak selalu menjamin rumah bakal dipenuhi oleh aroma yang harus. Secara alami, berbagai bau yang mengganggu akan muncul dari waktu ke waktu, terutama jika Anda memelihara hewan peliharaan.

Semprotan pewangi ruangan biasanya jadi cara yang dipilih banyak orang untuk memberikan sentuhan aroma tertentu pada ruangan. Namun, pewangi ruangan umumnya tak bertahan lama.

Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah segar dan wangi tanpa perlu repot menyemprotkan pewangi ruangan. Berikut mengutip berbagai sumber.

1. Bersihkan wastafel

Ada bau busuk yang datang dari area dapur? Jika iya, periksa wastafel di dapur. Sering kali, kotoran yang tidak terserap dengan sempurna menimbulkan bau tak sedap.

Mengutip Good House Keeping, untuk mengatasinya, Anda bisa menuangkan sedikit sabun cuci beraroma lemon ke wastafel dan basuh dengan air. Anda juga bisa membuang kulit lemon ke pembuangan diikuti dengan air.

2. Simpan tanaman hias

Tak hanya membersihkan udara, tanaman hias juga bisa menghiasi rumah dengan aroma-aroma tertentu. Banyak tanaman seperti melati, eucalyptus, dan gardenia menawarkan wewangian yang menyenangkan.

3. Cuci karpet

Tak seperti ubin dan kayu yang keras, karpet punya kemampuan menyerap bau, terutama setelah terkena tumpahan makanan atau menjadi arena bermain hewan peliharaan.

Cara mengatasinya terbilang mudah. Taburkan baking soda di seluruh permukaan karpet, diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan karpet dengan penyedot debu. Metode yang sama juga bisa dilakukan untuk membersihkan tempat tidur.

4. Rebus rempah-rempah dan herbal tertentu

Merebus rempah-rempah atau herbal lainnya yang bisa mengeluarkan aroma tertentu juga bisa menjadi cara agar rumah tetap wangi.

Mengutip Better Homes & Garden, rebus air dalam panci kecil, tambahkan irisan jeruk lemon dan herbal seperti lavender atau mint. Saat dididihkan, uap dari campuran tersebut dengan mudah meresap ke seluruh bagian rumah.

Anda bisa menyesuaikan bahan yang direbus sesuai apa yang ada di rumah.

5. Kain yang wangi

Kain, seperti linen, punya kemampuan untuk menyerap dan menyebarkan wewangian. Anda bisa membuat kain-kain yang digunakan dalam dekorasi ruangan, seperti sarung bantal atau taplak meja, tetap wangi.

Selain menggunakan semprotan tertentu, Anda bisa menaruh lilin wangi di dalam lemari penyimpanan kain-kain tersebut. Dengan sendirinya, kain akan menyerap wangi yang dikeluarkan dari lilin. Wangi akan bertahan lama hingga saat kain digunakan. (Berbagai Sumber)

Editor : Redaksi KMM

Leave a Reply