Enggak Perlu Capek-capek ke Kantor Polisi, SIM Bisa Diantarkan ke Rumah

KITAMUDAMEDIA, Balikpapan – Angin segar buat warga Balikpapan. Kini tak perlu capek-cepek lagi datang ke Polresta Balikpapan untuk mengambil surat izin mengemudi (SIM). Karena SIM bisa diantarkan langsung ke rumah para pemesannya menggunakan layanan ojek daring.

Selasa (2/3) siang, Polresta Balikpapan meluncurkan layanan terbarunya, yakni, SIM Delivery. Kegiatan yang berlokasi di Markas Polresta Balikpapan ini dipimpin langsung olek Kepala Polda Kaltim, Inspektur Jenderal Polisi Herry Rudolf Nahak. 

Sejumlah pejabat turut hadir dalam acara tersebut. Diantaranya, Kepala Polresta Balikpapan, Komisaris Besar Polisi Turmudi; Komandan Kodim 0905/Balikpapan, Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa; Asisten I Pemkot Balikpapan, Syaiful Bahri; hingga Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana.

Dalam sambutannya, Turmudi menjelaskan, SIM Delivery merupakan tindak lanjut dari intruksi Kepala Polri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang mengingkan agar segala pelayanan di kepolisian dipermudah alias dilakukan secara persisi. 

Dia pun mengeklaim, program yang bekerja sama dengan Go-Jek ini adalah yang pertama di Kalimantan. “Sebenarnya, SIM Delivery merupakan program Kapolri yang dikhususkan untuk wilayah Jawa. Tapi kami merasa terpacu untuk bisa mewujudkannya di luar pulau Jawa,” ucap Turmudi.

Selain SIM Delivery, Polresta Balikpapan juga mengadakan mesin cetak formulir SIM. Alat ini mirip mesin ATM. Warga tinggal mengisi formulir secara elektronik kemudian formulir akan keluar dari mesin. Mesin-mesin ini sudah tersedia di ruang satuan pelayanan adminsitrasi Polresta Balikpapan.

“Ini untuk mempermudah warga yang ingin bikin SIM. Baik memperpanjang usia SIM maupun bikin yang baru, dapat melakukan cetak formulir pada perangkat yang telah disediakan tanpa harus mengisi formulir secara manual,” terangnya. 

“Layanan ini merupakan bentuk dukungan program kerja Kapolri, yaitu Polisi yang presisi,” kaya jenderal bintang dua itu. 

Baca Juga  KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden Hari Ini

Untuk bisa menggunakan SIM Delivery, warga akan diminta untuk memilih apakah akan menggunakan layanan tersebut atau tidak saat mendaftar pembuatan SIM. Jika bersedia, SIM yang telah dicetak akan diantarkan ke rumah pemesan menggunakan layanan Go-Jek.

Reporter : Adi

Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply